Mediterania Membara, Yunani Nekat Picu Amarah Perang Turki

VIVA Militer: Turkey President.
Sumber :

VIVA – Sungguh tak diduga, di tengah situasi yang benar-benar genting, Yunani ternyata malah memich lagu amarah Turki, dengan meratifikasi alias mengesahkan perjanjian dengan Mesir soal batas wilayah di Laut Mediterania Timur.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Perjanjian maritim itu disahkan parlemen negeri para dewa setelah terlebih dahulu juga disahkan parlemen Mesir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA Militer dari ArabNews, Jumat 28 Agustus 2020, parlemen Yunani mengesahkan pakta perjanjian maritim itu setelah mendapatkan persetujuan dari suara terbanyak anggota parlemen.

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Pengesahan perjanjian maritim itu adalah sebuah aksi yang benar-benar nekat. Sebab, perjanjian batas maritim yang disepakati Yunani dengan Mesir merupakan titik tolak alias pemicu dari bangkitnya amarah Turki, sehingga mendadak memindahkan pasukan perang dari Laut Hitam ke Laut Mediterania Timur.

Ketika itu Turki tak terima dengan hasil kesepakatan dalam perjanjian yang dibuat Yunani dan Mesir. Sebab, sebelum ada perjanjian itu, Turki sempat meredakan ketegangan di Mediterania dengan menunda eksplorasi survei seismik yang digagas Stasiun Antalya Navtex di selatan dan timur Pulau Kastellorizo Yunani.

Mabes TNI Mulai Bahas Strategi dan Taktik Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT WWF Bali

Turki menuda semua aktivitas seismik untuk menghargai penolakan yang dilayangkan Yunani terkati Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Namun setelah perjanjian itu disepakati Yunani dan Mesir, Turki melanjutkan survei dengan kembali melayarakan Kapal Oruc Reis dengan dikawal kapal-kapal perang.

VIVA Militer: Kapal perang Turki mengawal ketat kapal seismik Oruc Reis.

Yang lebih mengerikan lagi, ratifikasi perjanjian maritim Yunani dan Mesir dilakukan hanya beberapa jam setelah Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan mengeluarkan peringatan keras kepada Yunani agar tidak berusaha membuat kesalahan atas sengketa wilayah di Laut Mediterania Timur. Sebab, Turki tidak akan membuat konsesi apapun dengan Yunani atau sekutunya dalam masalah konflik di Laut Mediterania.

Peringatan itu disampaikan Erdogan dalam pidato resminya memperingati 949 tahun kemenangan Sultan Alparslan'i dalam perang besar Manzikert 26 Agustus 1071 pada 26 Agustus 2020.

Dan Erdogan menyatakan Turki siap menyelesaikan konflik dengan kekuatan militer alias perang jika Yunani nekat membuat kesalahan itu.

"Turki akan mengambil haknya di Mediterania, Laut Aegea dan Laut Hitam juga. Dan sama seperti Kami tidak mengingini tanah, kedaulatan dan kepentingan orang lain, kami tidak akan mentolerir mereka yang menargetkan tanah kami. Dan kedaulatan kami. Kami bertekad untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk ini di tingkat politik, ekonomi, dan militer. Kami ingin semua orang menyadari bahwa Turki bukan lagi negara yang menguji ketegasan, kemampuan, dan keberaniannya," kata Erdogan.

Sementara di saat perjanjian maritim disahkan, militer Turki meningkatkan intensitas latihan perang di Mediterania Timur. Tak hanya kapal perang yang dikerahkan, tapi kali ini juga melibatkan helikopter serang.

Baca: Berdarah Baret Merah, Ini Sosok Komandan Jenderal Kopassus yang Baru

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya