Kisah Serka Sutikno Dinaikan Pangkatnya Oleh Jenderal Gatot

VIVA Militer: Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Sosok Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dikenal sebagai perwira tinggi yang dekat dengan bawahannya. Sebuah kisah lahir saat Gatot masih berpangkat Letnan Jenderal TNI, dan menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), enam tahun silam.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dalam laporan yang diperoleh VIVA Militer dari situs resmi TNI, Gatot pernah memberikan kenaikan pangkat kepada seorang Bintara TNI, Sersan Mayor (Serma) Agus Sutikno. Agus mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa menjadi Sersan Kepala (Serka) TNI, berkat jasanya membongkar kasus perdangangan manusia.

Momen ini terjadi pada 2 Mei 2014. Saat itu, Letjen TNI Gatot Nurmantyo yang masih menjabat Pangkostrad, mempin Upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa kepada Agus, di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Pangkat Agus naik satu tingkat dari Sersan Mayor TNI menjadi Sersaan Kepala TNI.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Gatot sangat bangga atas apa yang dilakukan Agus. Dan oleh sebab itu, Gatot tak segan meminta Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) saat itu, Jenderal TNI Budiman, untuk mengganjar prestasi anak buahnya itu dengan kenaikan pangkat luar biasa.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

"Kenaikan pangkat ini merupakan suatu kebanggaan bagi prajurit dalam meningkatkan karir dan prestasinya. Guna mendukung tugas pokok yang professional, sehingga segala bentuk macam tugas apapun dapat dilaksanakan dengan baik dan sempurna serta berhasil. Sebagaimana yang diimpikan setiap prajurit dalam mengapai prestasi yang membanggakan satuan, diri pribadi, maupun keluarga," katanya.

Keberhasilan Agus berawal saat ia ikut membantu salah seorang warga Muara Baru, yang kehilangan anaknya. Setelah melakukan pencarian, Agus akhirnya berhasil menemukan anak tersebut disebuah ruko. tak hanya itu, Agus juga menemukan 24 orang lainnya yang ikut disekap.

"Anak buah saya ini, Serka Agus tadinya menjadi Sersan Mayor Agus Sutikno, dia berhasil ini justru saya tidak tahu. Media yang memberi tahu kepada saya, karena saya membaca dari Kapolres Jakarta Utara menyampaikan bahwa terima kasih kepada Serka Agus Sutikno, karena sudah membantu Polres untuk membongkar trafficking," ucap Gatot melanjutkan.

"Dari situ, saya mengadakan pendalaman lagi dan membuat surat kepada Kepala Staf Angkatan Darat. Karena yang dilakukan Serka Agus ini, peka terhadap kesulitan masyarakat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya