Strategi Militer Rusia Lancarkan Serangan Maut Menuju Ukraina

VIVA Militer: Tentara dan kendaraan lapis baja militer Rusia
VIVA Militer: Tentara dan kendaraan lapis baja militer Rusia
Sumber :
  • www.aa.com.tr

VIVA – Kota terbesar kedua di Ukraina, disebut Presiden Volodymyr Zelensky sebagai kunci serangan militer Rusia. Zelensky yang memegang komando tertinggi militer Ukraina yakin jika Rusia akan berupaya keras menduduki Kharkiv, sebelum melancarkan serangan dahsyat berskala besar.

Seperti yang diketahui, saat ini militer Rusia sudah mengerahkan sekitar 130 ribu pasukannya ke sepanjang perbatasan Ukraina. 

Tak hanya personel, armada Beruang Merah juga diperkuat oleh ratusan alat utama sistem persenjataan (alutsista) canggih, mulai dari tank, kendaraan tempur lapis baja, artileri berat, hingga sistem rudal kendali.

Menyikapi hal ini, Zelensky memberikan pernyataannya. Dalam pandangannya, orang nomor satu di Ukraina ini yakin jika militer Rusia tengah membidik untuk menduduki Kharkiv.

Selain letak wilayah yang sangat dekat dengan perbatasan Rusia, Kharkiv juga dihuni oleh 1,4 juta penduduk. Sebagian penduduk Kharkiv disebut Zelensky berbahasa Rusia. Kharkiv juga merupakan pusat ilmu pengetahuan, pendidikan, industri dan budaya.

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • time.com

Menurut Zelensky, militer Rusia akan mencoba merebut Kharkiv dan mendirikan negara boneka. Dengan dalih, untuk melindungi penduduk berbahasa Rusia.