Pasukan Rusia Kepung Donbas, 16 Ribu Tentara Ukraina Dijadikan Tumbal

VIVA Militer: Tank militer Rusia dalam pertempuran di wilayah Donbas, Ukraina
VIVA Militer: Tank militer Rusia dalam pertempuran di wilayah Donbas, Ukraina
Sumber :
  • 19fortyfive.com

VIVA – Pasca penyerahan diri lebih dari 200 tentara Ukraina di Mariupol, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) juga disebut telah berhasil mengepung wilayah Donbas. Pengepungan Donbas diyakini mengancam nyawa 16 ribu tentara Ukraina yang berada di wilayah tersebut.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Fox News, kabar pengepungan Donbas disampaikan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Rakyat Luhansk (LPR), Vitaly Kiselev.

Viselev yang merupakan pejabat kelompok separatis pro-Rusia, menyebut bahwa 16 ribu tentara Ukraina yang berada di dekat kota Severodonetsk dan Lysychansk telah terkepung. Sementara itu, sejumlah tentara ukraina lainnya telah berhasil diamankan di dekat kota Rubizhnoye.

Dari hasil investigasi yang dilakukan terhadap para prajurit Ukraina yang ditangkap di Rubizhnoye, didapat sebuah dugaan bahwa ribuan tentara lain di Donbas akan dijadikan tumbal.

Sebab menurut Kisilev, mereka sama sekali tidak diperbolehkan untuk mundur dari keluar dari Donbas. Di sisi lain, para perwira tinggi militer Ukraina justru sudah kabur duluan dari Donbas.

VIVA Militer: Tentara Ukraina terlibat kontak tembak dengan pasukan Rusia

VIVA Militer: Tentara Ukraina terlibat kontak tembak dengan pasukan Rusia

Photo :
  • nytimes.com

"Mereka mengatakan berulang kali bahwa mereka telah mengajukan banding atas perintah tersebut. Tetapi mereka dilarang meninggalkan jabatan mereka dan berdiri sampai mati (di Donbas). Para komandan berpangkat tinggi telah meninggalkan daerah itu sebulan yang lalu," ujar Kisilev.