Putin Tak Mau Tarik Pasukan, Neraka Perang Ukraina Bakal Panjang

VIVA Militer: Serangan rudal militer Rusia di Kiev, Ukraina
VIVA Militer: Serangan rudal militer Rusia di Kiev, Ukraina
Sumber :
  • marca.com

VIVA – Perang Rusia-Ukraina sepertinya takkan berakhir dalam waktu dekat. Sebab, Presiden Rusia, Vladimir Putin, sama sekali belum berpikir untuk memberi perintah penarikan mundur pasukan dari Ukraina.

Putin memberikan pernyataan di tengah sejumlah ancaman yang muncul dari negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), yang tengah mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Madrid, Spanyol.

Orang nomor satu Negeri Beruang Merah itu tentu tahu pergerakan militer Amerika Serikat (AS), yang memperkuat pasukannya di Eropa. 

Presiden AS, Joe Biden, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO, Jens Stoltenberg, sudah memproklamirkan Rusia sebagai ancaman nyata terhadap Benua Biru.

Vladimir Putin saat berada di pangkalan militer Korenovsk, Rusia tahun 2014

Vladimir Putin saat berada di pangkalan militer Korenovsk, Rusia tahun 2014

Photo :
  • AP Photo/RIA-Novosti, Mikhail Klimentyev, Presidential Press Service

Meski demikian, Putin sama sekali tak menunjukkan kekhawatirannya. Dengan tenang mantan perwira Badan Intelijen Uni Soviet (KGB) ini memastikan, Rusia akan terus menjalankan misi hingga wilayah Donbas bisa dibebaskan.

Selama lima bulan operasi militer khusus Rusia digelar, Putin memberi apresiasi kepada pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF). Dalam pandangannya, seluruh unit militer Rusia yang dikerahkan mampu menjalankan misi sesuai rencana.