Panglima Perang Murka, Ribuan Tentara Ukraina Kabur Takut Dibunuh

VIVA Militer: Tentara Ukraina
Sumber :
  • themoscowtimes.com

VIVA – Keberhasilan pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) merebut kendali Oblast (Provinsi) Luhansk dan hampir seluruh Oblast Donetsk, membuat posisi militer Ukraina tersudut. Ribuan tentara Ukraina memilih kabur daripada dibunuh pasukan Rusia.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Sejak operasi militer khusus dilancarkan militer Rusia pada 24 Februari 2022 lalu, armada Beruang Merah berhasil merebut kota pelabuhan Mariupol, Oblast Donetsk, tiga bulan setelahnya.

Tak hanya Mariupol, unit militer Rusia juga dipastikan menguasai seluruh Oblast Luhansk setelah menghabisi ribuan pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) yang didukung tentara bayaran asing.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dalam berita sebelumnya, VIVA Militer melaporkan bahwa pasukan Rusia sudah menduduki sejumlah kota penting di Luhansk. 

VIVA Militer: Tentara Ukraina terpukul mundur di Oblast Luhansk

Photo :
  • aljazeera.com
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Mulai dari Lysychansk, Seversk, Gorskoye, Zolotoye dan kota-kota lainnya. Ribuan tentara Ukraina tewas dalam pertempuran, sementara ribuan lainnya memilih kabur melarikan diri.

Ketakutan tentara Ukraina membuat Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina, Jenderal Valerii Zaluzhnyi murka. Lewat situs resmi militer Ukraina, Zaluzhnyi memperingatkan seluruh tentara Ukraina dan unit wajib militer untuk tetap berada di posisi masing-masing.

Zaluzhnyi menegaskan, seluruh personel militer Ukraina harus mendapat izin dari komando teritorial setempat untuk pergi meninggalkan medan pertempuran.

"Warga negara yang terhormat. Kepada seluruh wajib militer dan mereka yang bertanggung jawab untuk dinas militer. Saya mengingatkan Anda bahwa kita sedang berperang. Negara membutuhkan Anda!" ujar Zaluzhnyi.

VIVA Militer: Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina, Jenderal Valery Zaluzhny

Photo :
  • pravda.com.ua

"Semua orang yang belum terdaftar di militer dan belum diangkat kembali harus melakukannya. Bagi Anda yang berencana keluar distrik dan wilayah, Anda harus mendapatkan izin dari pusat perekrutan teritorial," katanya dikutip VIVA Militer dari Pravda.

Meski demikian, Zaluzhnyi tidak memberikan instruksi lanjutan untuk mencegah tentara Ukraina kabur dari medan perang. Kemungkinan besar, akan lebih banyak tentara Ukraina yang kabur jika pergerakan militer Rusia terus berlanjut secara masif.

"Tidak ada instruksi yang diberikan untuk mencegah pergerakan orang-orang (tentara Ukraina) dalam beberapa hari mendatang oleh komando militer," ucap Zaluzhnyi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya