Militer Ukraina Bom Situs Nuklir Energodar, Benua Eropa dalam Bahaya

VIVA Militer: Ledakan di pembangkit listrik nuklir Energodar, Ukraina
Sumber :
  • pledgetimes.com

VIVA – Unit militer Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) menghujani pasukan Rusia yang berbasis di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Energodar, Oblast (Provinsi) Zaporizhzhia, Ukraina, Selasa 12 Juli 2022 waktu setempat.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Dalam laporan yang yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, serangan dahsyat militer Ukraina dikonfirmasi langsung oleh pemerintah daerah Zaporizhzhia.

Otoritas setempat mencatat, ada empat kali serangan yang menghantam Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Energodar. Seluruh serangan yang dilancarkan militer Ukraina datang dari tepi Sungai Dnieper.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

"Pemerintah sipil-militer wilayah Zaporizhzhia menegaskan bahwa pasukan Ukraina melanjutkan serangan besar-besaran di kota Energodar hari ini," bunyi pernyataan pemerintah daerah Zaporizhzhia.

VIVA Militer: Pembangkit Listrik Nuklir Energodar diserang militer Ukraina

Photo :
  • aa.com.tr
Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev

Salah satu ledakan terjadi di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Energodar, dan mengancam kebocoran radiasi yang bisa menjadi bencana. Tak hanya untuk Ukraina, pencemaran radiasi nuklir juga sangat mengancam seluruh Eropa.

Pemerintah daerah Zaporizhzhia meyakini bahwa militer sengaja membahayakan nyawa warga sipilnya sendiri, dan menyebabkan bencana nuklir buatan.

"Ledakan terjadi di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, yang menciptakan ancaman situasi darurat termasuk bencana buatan manusia," lanjut pernyataan tersebut.

"Administrasi militer-sipil dengan tegas mengutuk tindakan Angkatan Bersenjata Ukraina, yang membahayakan tidak hanya untuk Ukraina, tetapi seluruh Eropa," lanjut pernyataan pemerintah daerah Zaporizhzhia.

VIVA Militer: Ledakan di pembangkit listrik nuklir Energodar, Ukraina

Photo :
  • Twitter/@globeandmail

Dijadikannya situs pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia oleh militer Ukraina, dikarenakan infrastruktur itu sepenuhnya dikuasai oleh pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF).

Militer Rusia merebut Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Energodar pada Maret 2022, sebulan setelah melancarkan invasi ke Ukraina. Di dalam Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir terdapat enam reaktor nuklir yang mampu menghasilkan listrik sebesar 6.000 Megawatt. 

Dengan kekuatan tersebut, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Energodar merupakan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya