20 Alutsita Militer China Kepung Wilayah Laut dan Udara Taiwan

VIVA Militer: Jet tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China
Sumber :
  • insider.com

VIVA – Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengerahkan puluhan alat utama sistem persenjataan (alutsista) andalannya, berpatroli di sekeliling wilayah Taiwan, Senin 22 Agustus 2022.. 

Viral Kisah Cinta Tragis Gamer Fat Cat hingga Berujung Bunuh Diri

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Taiwan News, Kementerian Pertahanan Taiwan mengidentifikasi 15 pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) terbang di sekitar Taiwan, pada pukul 17.00 waktu setempat.

Tak cuma di udara, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) juga mengerahkan lima unit kapal perang untuk berpatroli.

Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

Dari 15 pesawat militer China, Kementerian Pertahanan Taiwan berhasil mengidentifiasi seluruhnya. Militer China mengirim dua jet tempur Sukhoi Su-30 dan dua jet tempur Chengdu J-10.

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut China (PLAN) di dekat perairan Taiwan

Photo :
  • scmp.com
Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Kemudian ada dua unit jet tempur Shenyang J-11 dan satu jet tempur Shenyang J-16. Militer China juga mengirim dua pesawat pembom Xian JH7 dan dua unit pesawat Shaanxi Y-8, yang berperan sebagai pengintai dan anti-kapal selam.

Pergerakan sejumlah alutsista militer China mendekati wilayah Taiwan diyakini sebagai respons pasca uji coba rudal jelajah Hsiung Feng IIE, atau Hsiung Sheng (HF-2E) pada 18 dan 19 Agustus 2022 lalu.

Beberapa jam sebelum uji coba rudal dimulai, Kementerian Pertahanan Taiwan mengidentifikasi sebuah kapal perang militer China yang dilengkapi peluru kendali terlihat sekitar 37 mil (60 kilometer) timur laut Green Island, Taitung, Taiwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya