Lusinan Jet Siluman Amerika Intai China dari Selatan

VIVA Militer: Jet tempur F-35 Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy)
Sumber :
  • marines.mil

VIVA – Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces) mengirim tiga kapal perangnya ke perairan Laut China Selatan, untuk pertama kalinya pasca kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Nancy Pelosi, Sabtu 27 Agustus 2022 .

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari US Naval Institute, pengerahan kapal perang dilakukan oleh Armada ke-7 Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy 7th Fleet).

Militer Amerika Serikat mengirim dua kapal jelajah berpeluru kendali kelas Ticonderoga, dari Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di Yokusuka, Jepang, ke Selat Taiwan.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Kedua kapal perang itu adalah USS Antietam (CG-54) dan USS Chancellorsville (CG-62).

VIVA Militer: Kapal jelajah militer Amerika Serikat,USS Chanchellorsville

Photo :
  • defense.gov
SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Dalam keterangannya Armada ke-7 Angkatan Laut AS memastikan, pengerahan dua kapal perang merupakan bukti komitmen dalam menjaga kawasan Indo-Pasifik.

Tak peduli di wilayah perairan dan udara, militer Amerika Serikat akan masuk sesuai hukum internasional.

"Transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan hukum internasional," bunyi pernyataan dari Armada ke-7 AS.

Ternyata tak cuma dua kapal jelajah berpeluru kendali, militer Amerika Serikat juga mengirim kapal serbu amfibi USS Tripoli (LHA-7) ke Laut China Selatan. Kapal ini membawa lusinan jet tempur siluman F-35 Lightnjng II, yang tergabung dalam Gabungan Pesawat Tempur Serang.

VIVA Militer: Kapal jelajah peluru kendali militer Amerika Serikat,USS Antietam

Photo :
  • navasource.org

Aksi militer China sontak membuat China geram. Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat Chjna (PLA), dikabarkan telah berhasil melacak aktivitas seluruh kapal perang Amerika.  

"Komando Teater Timur melakukan pelacakan keamanan dan pemantauan jalur kapal perang AS di seluruh jalur, dan mengendalikan semua pergerakan kapal perang AS," ujar Zhao Lijian, Wakil Direktur Departemen Informasi Kementerian Luar Negeri China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya