Senjata Ukraina Perangi Rusia Sama dengan Rudal TNI Penjaga Jakarta

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara NASAMS
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Dukungan Amerika Serikat (AS) kepada Ukraina dalam perang melawan invasi Rusia, kembali dibuktikan. Negeri Paman Sam kembali mengirim senjata mematikan berteknologi canggih ke Ukraina, yang ternyata sama seperti milik TNI Angkatan Udara.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Dalam laporam yang dikutip VIVA Militer dari Ukrinform, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kembali memberi pernyataan kepada publik pasca pengiriman bantuan senjata yang diberikan Amerika.

Dalam pidatonya, Zelensky mengungkap rasa terima kasihnya kepada Presiden AS, Joe Biden. Zelensky memastikan bahwa negaranya sangat membutuhkan kepemimpinan AS. Terutama, dalam hal dukungan penuh dalam perlawanan terhadap militer Rusia.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Senjata canggih yang baru dikirim Amerika adalah Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Tingkat Lanjut Nasional (NASAMS). Rudal mematikan itu disetujui pengirimannya ke Kiev oleh Washington pada akhir Agustus 2022.

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • nytimes.com
Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

"Kami benar-benar membutuhkan Amerika Serikat untuk menunjukkan kepemimpinan dan memberikan Ukraina sistem pertahanan udara. Saya ingin berterima kasih kepada Presiden (Joe) Biden atas keputusan positif yang telah dibuat," ujar Zelensky.

NASAMS merupakan sistem rudal pertahanan udara yang lahir dari kerja sama dua negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Norwegia dan Amerika. 

Rudal ini didesain dan dibuat oleh perusahaan industri pertahanan Kongsberg Defence & Aerospace dari Norwegia, dan perusahaan pembuat rudal Amerika, Raytheon.

Selain Norwegia dan Amerika, rudal NASAMS saat ini digunakan oleh delapan negara lainnya. Salah satunya adalah Indonesia. 

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara NASAMS

Photo :
  • Instagram/@soldatnytt

Dalam laporan lain yang dilansir VIVA Militer dari Asia Pacific Defense Journal, Indonesia mendatangkan dua baterai rudal NASAMS pada 2020 yang saat ini digunakan oleh TNI Angkatan Udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya