Awas Ukraina, Rusia Siagakan Rudal Supersonik Pembunuh Kapal Induk

VIVA Militer: Rudal jelajah supersonik Kh-32 Rusia, dibawa pesawat Tu-22M3
Sumber :
  • defenceview.in

VIVA - Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) terus memperkuat posisi di empat wilayah barunya, Donetsk, Kherson, Luhansk dan Zaporizhzhia. Selain memobilisasi ratusan ribu pasukan, militer Rusia tengah menyiagakan senjata terbaru berupa rudal supersonik berkemampuan nuklir.

Brasil Tunda Kirim Kendaraan Lapis Baja ke Israel Senilai Rp 2,3 Triliun, Ini Alasannya

Sejak keempat wilayah yang sebelumnya merupakan provinsi (oblast) Ukraina melepaskan diri lewat jalur referendum, Presiden Rusia, Vladimir Putin, memastikan armada Beruang Merah status keamanannya.

Pada akhir September 2022, Putin menginstruksikan pengerahan 300.000 pasukan cadangan, untuk ditempatkan di empat wilayah tersebut. Tak terkecuali dengan pengerahan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

TNI AL, US Navy dan USMC Gelar Latihan Militer Bersama CARAT 2024 di Lampung

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, pasukan Rusia segera menggunakan kembalirudal jelajah supersonik Kh-32 untuk melakukan serangan terhadap fasilitas infrastruktur vital di Ukraina.

VIVA Militer: Rudal jelajah supersonik Kh-32 Rusia, dibawa pesawat Tu-22M3

Photo :
  • defenceview.in
Di Hadapan Ratusan Perwira Hantu Laut TNI AL, KSAL: Hembusan Nafas Marinir Adalah Kesetiaan!

Seorang sumber yang identitasnya dirahasiakan, mengungkap pada media Rusia itu jika dalam serangan terbaru pasukan yang berada di bawah komando Jenderal Valery Gerasimov, menggunakan rudal Kh-32.

Dilansir VIVA Militer dari Defense Express, Kh-32 adalah rudal jelajah udara-ke-permukaan supersonik, yang merupakan versi terbaru rudal Kh-22 Raduga. Rudal Kh-32 juga merupakan produk biro desain Raduga, sebuah perusahaan kedirgantaraan Rusia.

Kh-32 mempertahankan casing serta dimensi Kh-22. Rudal ini juga memiliki mesin baru yang lebih bertenaga, peralatan digital, sistem panduan inersia radar bebas gangguan, dan penanggulangan elektronik versi terbaru.

Kepala pencari rudal ini telah dimodifikasi untuk menangkap target yang berjarak 200-300 kilometer. Sebelum invasi skala penuh di Ukraina, Rusia mengklaim bahwa setidaknya 30 rudal Kh-22 akan diubah menjadi Kh-32. Tidak jelas apakah itu mampu melakukannya.

VIVA Militer: Pesawat pembom Tupolev Tu-22M3 membawa rudal Raduga Kh-22

Photo :
  • baohatinh.vn

Rudal Kh-32 seharusnya dibawa oleh pembom jarak menengah Tu-22M3M. Sebelum invasi skala penuh di Ukraina, Rusia mengatakan akan meningkatkan 30 pembom Tu-22M3 menjadi Tu-22M3M. Akan tetapi sejauh ini, kabarnya hanya empat pesawat yang telah mengalami modifikasi.

Pasukan Rusia hanya pernah mengerahkan rudal Kh-32 sekali sebelumnya, dalam serangan di Kramatorsk pada 6 Mei 2022. Kemungkinan Rusia menguji rudal untuk pertama kalinya selama serangan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya