Pesawat Pembom Rusia Mendarat di China, Ada Apa?

VIVA Militer: Pesawat pembom H-gJ Angkatan Udara China (PLAAF)
Sumber :
  • Sino Defence Forum

VIVA – Pesawat pembom strategis Rusia melakukan pendaratan di sebuah lapangan terbang di wilayah China. Sebaliknya, pesawat pembom militer China mendarat di pangkalan udara Rusia, Rabu 1 Desember 2022.

Tegas, Jenderal Top Rusia Sebut Pasukannya Belum Menang

Dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, kedua negara melakukan pendaratan silang pesawat pembom, untuk pertama kalinya dalam patroli udara bersama.

Namun demikian, militer Rusia dan China tak dijelaskan secara detail di mana lapangan udara tempat pendaratan kedua pesawat.

Perang Nuklir Pecah Gara-gara Jet Tempur Tua F-16 Amerika, Kok Bisa?

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah patroli udara, pesawat Rusia mendarat di lapangan terbang di Republik Rakyat China dan pesawat China mendarat di lapangan terbang di wilayah Federasi Rusia," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

VIVA Militer: Pesawat pembom Tupolev Tu-22M Pasukan Dirgantara Rusia

Photo :
  • nationalinterest.org
Kualitas Jempolan dan Performa Lancar, Harga Realme Note 50 Bikin Gempar

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, tujuan dari pendaratan silang adalah mengawal pesawat asing yang menerobos wilayah kedaulatan masing-masing.

Selain itu, militer Rusia dan China memastikan untuk tidak melakukan pelanggaran, sesuai hukum internasional.

"Jet tempur negara asing mengawal pembom pembawa rudal strategis pada beberapa tahap patroli udara, kata kementerian itu," lanjut pernyataan terdsebut.

"Dalam rangka menyelesaikan misi mereka, pesawat kedua negara bertindak secara ketat sesuai dengan ketentuan hukum internasional. Tidak ada pelanggaran wilayah udara negara asing," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya