Kirim Tank Buatan Soviet, Maroko Jadi Negara Afrika yang Dukung Ukraina

VIVA Militer: Batalyon tank T-72 Angkatan Bersenjata Kerajaan Maroko
Sumber :
  • military.africa

VIVA  – Setelah membuat kejutan di Piala Dunia 2022, Maroko kembali menjadi sorotan. Negara yang berada di kawasan Maghrib Afrika Utara, jadi negara Benua Hitam pertama yang memberi dukungan militer ke Ukraina.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dilansir VIVA Militer dari Middle East Monitor, Kerajaan Maroko akhirnya mengubur netralitasnya terhadap konflik Rusia-Ukraina setelah mendapat desakan dari Amerika Serikat (AS).

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Le Journal de l'Afrique, Amerika meminta Maroko mengirim suku cadang Tank Tempur Utama (MBT) T-72 untuk mendukung militer Ukraina.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Alasan Amerika meminta transfer suku cadang, dikarenakan Angkatan Bersenjata Kerajaan Maroko punya lusinan tank tipe T-72B/BK. Kendaraan tempur ini didatangkan dari Belarus dalam kondisi bekas pakai, di antara tahun 1999 dan 2001.

VIVA Militer: Batalyon tank T-72 Angkatan Bersenjata Kerajaan Maroko

Photo :
  • africanintelligence.com
Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Menurut data yang didapat VIVA Militer dari Hespress, saat ini militer Maroko memiliki 158 unit tank varian T-72B/BK.

Tak hanya mengirim suku cadang, militer Maroko juga akan lebih dulu memodernisasi tank T-72B, dengan bantuan perusahaan industri pertahanan Republik Ceko, Excalibur Army.

Nantinya, biaya perbaikan dan peningkatan kemampuan tank T-72B militer Maroko akan ditanggung oleh Amerika Serikat dan Belanda. Jumlah biaya dilaporkan sebesar $97 juta,  setara dengan Rp1,6 triliun. 

Awalnya, Maroko bersikeras berusaha untuk mempertahankan sikap netral terhadap konflik bersenjata di Ukraina. Pada Sidang Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Maret 2022 lalu, Maroko memilih absen.

VIVA Militer: Bangkai tank T-72 Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • themoscowtimes.com

Sementara, sikap negara kerajaan itu tetap mengutuk invasi yang dilancarkan militer Rusia sejak 24 Februari 2022. Akan tetapi, Maroko akhirnya memihak kepada Ukraina.

Sikap Maroko berubah setelah mendapat tekanan dari Washington, karena dianggap sebagai salah satu sekutu strategis utama AS, Amerika.

Kemudian pada April 2022, Maroko ambil bagian dalam pertemuan puncak tentang upaya mempertahankan Ukraina yang diadakan di Jerman.

Pertemuan ini diinisiasi oleh Negeri Paman Sam, dan diketuai oleh Menteri Pertahanan AS, Jenderal (Purn.) Lloyd Austin. 

VIVA Militer: Tank T-72 Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • defenceview.in

Kemudian pada Mei 2022, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengunjungi Aljazair untuk membahas konflik Ukraina dan memastikan dukungan. Sebagai informasi, Aljazair adalah negara tetangga, yang terlibat perseteruan dengan Maroko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya