Tentara Bayaran Rusia Geruduk Basis Tentara Ukraina, Rudal Buatan Amerika Disita

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia menyita rudal Javelin buatan Amerika Serikat
Sumber :
  • sputniknews.com

VIVA – Tentara bayaran Rusia, PMC Wagner Group, kembali menunjukkan perannya dalam perang di Ukraina. Pasukan pimpinan Yevgeny Prigozhin itu dikabarkan telah menyita sejumlah senjata buatan Amerika Serikat (AS).

Gawat, Serangan Hacker China Bobol Sistem Kementerian Pertahanan Inggris

Unit PMC Wagner Group menyerang sebuah basis pasukan militer Ukraina yang terletak desa Klescheevka, yang berada dekat dengan kota Artyomovsk (Bakhmut), Republik Rakyat Donetsk (DPR), Senin 30 Januari 2023.

Setelah melewati kontak tembak, pasukan Wagner Group mendapatkan sejumlah senjata dan amunisi di bangunan yang direbut.

Jenderal TNI Maruli: Kalau Mau Dihormati Prajurit, Komandan Satuan Jangan Cuma Foto Doang

Dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, angunan ini dijadikan sebagai depot senjata Ukraina, di mana terdapat banyak senjata buatan Barat ditempatkan di situ.

VIVA Militer: Pasukan Rusia menyita rudal Javelin buatan Amerika Serikat

Photo :
  • mil.in.ua
Menjelang Serangan Darat Israel, 100 Ribu Warga Gaza di Rafah Dievakuasi

Salah satu senjata yang ditemukan oleh tentara bayaran Rusia adalah peluru kendali atau rudal anti-tank FGM-148 Javelin.

Yang lebih mencengangkan, ada senjata tua buatan Jerman yang juga ditemukan. Sejata itu adalah senapan mesin Maschinengewehr 42 (MG-42).

Seorang komandan unit Wagner yang dirahasiakan identitasnya, mengatakan mereka mulai jarang menemukan senapan mesin Kalashnikov (AK) era Uni Soviet.

Komandan unit Wagner Group mengatakan, ia dan pasukannya lebih sering menemukan MG-42 Jerman di antara senjata yang disita.

VIVA Militer: Gudang senjata pasukan Ukraina direbut tentara bayaran Rusia

Photo :
  • rferl.org

"Mereka digunakan (FGM-148 Javelin), mereka ditemukan. Tetapi lebih dari itu, dalam satu setengah bulan terakhir,  (ditemukan juga senjata lain) terutama MG-42," ujar komandan unit Wagner Group.

"Pada dasarnya, MG-42 digunakan di sini. Bagian yang sangat besar. Kemungkinan besar, tentara Ukraina kelelahan menggunakan senapan mesin kami (buatan Soviet," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya