Awas Rusia, Brigade Spartan Amerika Siaga Perang Sudah Tiba di Eropa

VIVA Militer: Brigade Spartan Angkatan Darat Amerika Serikat
Sumber :
  • Twitter/@SpartanBrigade

VIVA  – Di tengah Perang Rusia-Ukraina yang masih berkecamuk, militer Amerika Serikat (AS) kembali mengerahkan sejumlah besar pasukannya ke Eropa. Armada Paman Sam mengerahkan unit yang berjuluk Brigade Spartan.

Seorang Perwira dan 4 Tentara Irak Tewas Diserang ISIS

Brigade Spartan adalah Tim Tempur Brigade (BCT) Lapis Baja ke-2 bagian dari Divisi Infanteri ke-2 Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army).

Unit yang bermarkas di Pangkalan Gabungan Elmendorf-Richardson, Alaska, diterbangkan ke Eropa melalui Terminal Udara Truscott, Lapangan Terbang Hunter, Georgia, Sabtu 16 September 2023.

Perkuat Pertahanan NKRI, TNI AL Berencana Bangun Pangkalan Kapal Selam di Tiga Armada

Pasukan pimpinan Kolonel Ethan Diven ini akan menjalankan misi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) selama sembilan bulan ke depan, dalam meningkatkan intraoperabilitas dan menghadapi musuh bersama di Eropa.

VIVA Militer: Brigade Spartan Angkatan Darat Amerika Serikat

Photo :
  • army
Diteror Genosida Gaza, Mayor Mann Cabut dari Badan Intelijen Amerika

Dalam menjalankan misinya, Brigade Spartan diperkuat dengan sistem persenjataan lengkap. Termasuk di dalamnya kendaraan lapis baja yang akan dikerahkan pada latihan gabungan, dengan negara mitra NATO lainnya.

Sebelum dikirim ke Eropa, Brigade Spartan telah menyelesaikan sejumlah tahap persiapan. Salah satunya adalah Model Kesiapan dan Modernisasi Regional (ReARMM).

Menurut Diven, pasukannya lebih dulu melewati tiga fase ReARMM mulai dari modernisasi alat utama sistem persenjataan, pelatihan fisik prajurit dan pelatihan misi, selama delapan bulan.

Lebih lanjut Diven menegaskan jika pasukannya adalah yang paling modern di antara seluruh brigade Angkatan Darat Amerika Serikat.

VIVA Militer: Brigade Spartan Angkatan Darat Amerika Serikat

Photo :
  • Twitter/@SpartanBrigade

Pernyataan ini berani dikemukakan Diven, pasca modernisasi sejumlah unit tank M1A2 SEPv3 Abrams, M2A4 Bradley, meriam swagerak Paladin M109A6, dan peralatan lainnya.

"Kami telah menyelesaikan modernisasi dengan tank baru, Bradley, Paladin, peralatan insinyur, dan kendaraan taktis ringan gabungan," ucap Diven dikutip VIVA Militer dari Defense Visual Information Distribution Service (DVIDS).

"Kami akan menunjukkan sifat mematikan, peningkatan kesiapan, dan kemampuan perang dari prajurit," katanya.

Diven memastikan, saat ini pasukannya dalam kesiapan dan kesiagaan tinggi. Selain memiliki persenjataan canggih, Diven meyakinkan bahwa Brigade Spartan adalah yang paling siap diterjunkan dalam misi tersebut.

VIVA Militer: Brigade Spartan Angkatan Darat Amerika Serikat

Photo :
  • Twitter/@SpartanBrigade

"Sebagai brigade paling modern di Angkatan Darat, brigade kami siap dikerahkan jika diperlukan," ujar Diven melanjutkan.

“Menurut pendapat kami, tidak ada organisasi yang lebih terlatih, lebih siap, dan memimpin organisasi yang lebih baik daripada Brigade Spartan. Sekarang giliran kami untuk maju," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya