Rusia Buru Trio Jenderal Ukraina Biang Kerok Teror dan Kejahatan Perang

VIVA Militer: Laksamana Madya Oleksiy Neizhpapa
Sumber :
  • nv.ua

VIVA – Komisi Investigasi Rusia (SKR) merilis empat nama perwira tinggi militer Ukraina, yang diyakini sebagai dalang aksi terorisme dan kejahatan perang terhadap warga sipil.

Masuk NKRI, 2 Kapal Perang Anti Ranjau Asing Dijaga Ketat Pasukan Hantu Laut Marinir TNI

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Russia Today, Komisi Investigasi Rusia menegaskan telah mengumpulkan banyak bukti untuk menjerat empat jenderal Ukraina secara in-absentia.

Keempat perwira tinggi itu adalah Kepala Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina, Letnan Jenderal Kyrylo Budanov, dan Komandan Angkatan Udara Ukraina, Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk.

Sebulan Diburu, Tim Intelijen Koops TNI Habema Berhasil Tangkap OPM Pembunuh Danramil Aradide Paniai

Kemudian, ada nama Komandan Angkatan Laut, Laksamana Madya Oleksiy Neizhpapa, dan Komandan Resimen Pesawan Tanpa Awak ke-383 Angkatan Udara Ukraina, Kolonel Serhiy Burdenyuk.

VIVA Militer: Letnan Jenderal Kyrylo Budanov

Photo :
  • telegraph.co.uk
Brasil Tunda Kirim Kendaraan Lapis Baja ke Israel Senilai Rp 2,3 Triliun, Ini Alasannya

Budanov, Oleshchuk, Neizhpapa dan Burdenyuk dituding sebagai aktor intelktual dalam lebih dari 100 serangan drone yang diklaim menargetkan sasaran infrastruktur sipil.

Keempat perwira Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) diyakini berada di balik serangan ke sejumlah wilayah Rusia, periode April 2022 hingga September 2023.

Khusus Budanov dan Oleshchuk, kedua jenderal Ukraina ini kerap mengakui perbuatannya saat mengaku bertanggung jawab atas serangan yang terjadi di daerah Rusia.

Budanov tak mengelak saat unit yang bekerja di bawah perintahnya, melancarkan dua serangan bom melalui drone permukaan di Jembatan Krimea pada bulan Juli dan Agustus 2023.

VIVA Militer: Panglima Angkatan Udara Ukraina, Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk

Photo :
  • Pr

Sepasang suami istri warga sipil Krimea menjadi korban tewas, sementara putri mereka yang berusia 14 tahun mengalami luka-luka dalam insiden tersebut.

Pun saat markas Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia (VMF) di Republik Otonomi Krimea, dihantam rudal jelajah Storm Shadow buatan Inggris pada 23 September 2023 kemarin.

Sementara itu, Olesshchuk juga menyatakan bertanggung jawab dalam serangan mematikan yang terjadi di Sevastopol, Krimea, 13 September 2023.

"Sementara penjajah masih belum pulih dari pemboman malam hari di Sevastopol, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pilot Angkatan Udara Ukraina atas kerja tempur mereka yang luar biasa!" ujar Oleschuk saat itu.

VIVA Militer: Ledakan di Sevastopol usai serangan rudal Ukraina

Photo :
  • mirror.co.uk

Akibat serangan itu, kapal pendarat kelas Ropucha, Minsk (127) dan kapal selam kelas Kilo, Rostov-on-Don (B-237) militer Rusia rusak parah. Tak hanya itu. 62 tentara Rusia awak kapal perang Minsk juga tewas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya