Mayday, Kapal Rudal Nuklir Rusia Karam Dihantam Drone Ukraina

VIVA Militer: Kapal rudal nuklir Rusia Ivanovets (954) meledak
Sumber :
  • X/@DI_Ukraine

VIVA – Sebuah kapal perang militer Rusia tenggelam akibat serangan pesawat tanpa awak (drone) Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU), di Danau Donuzlav, Republik Otonomi Krimea, Kamis 1 Februari 2024 malam waktu setempat.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dilansir VIVA Militer dari Defence Blog, rentetan serangan drone militer Ukraina menghantam kapal perang jenis korvet kelas Tarantul III, R-334 Ivanovets (954).

Direktorat Intelijen Pertahanan Ukraina (GUR), mengklaim jika pihaknya yang bertanggung jawab atas terjadinya serangan ke kapap perang pembawa rudal kendali Angkatan Laut Rusia (VMF) tersebut.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Organisasi pimpinan Letnan Jenderal Kyrylo Budanov itu bahkan merilis video detik-detik serangan drone, hingga menenggelamkan kapal perang Rusia.

VIVA Militer: Kapal perang pembawa rudal nuklir Rusia, Ivanovets (954)

Photo :
  • pravda.com.ua
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

"Operasi ini dapat terlaksana berkat dukungan Kementerian Transformasi Digital Ukraina dan platform United24. Kapal musuh ditempatkan di Danau Donuzlav di Krimea yang diduduki sementara," bunyi pernyataan Direktorat Intelijen Pertahanan Ukraina.

"Akibat beberapa kali serangan langsung ke lambung kapal Rusia, kapal tersebut mengalami kerusakan yang tidak dapat dilakukan navigasi lebih lanjut. Ivanovets miring ke belakang dan tenggelam," lanjut pernyataan tersebut.

Dalam serangan drone itu, kapal perang Ivanovets meledak setelah diduga serangan drone bunuh diri Ukraina menghantam tempat 
penyimpanan rudal anti-kapal P-270 Moskit.

Ledakan dahsyat tersebut yang diyakini sebagai faktor utama penyebab kapal perang Rusia itu tenggelam seluruhnya.

VIVA Militer: Kapal rudal nuklir Rusia Ivanovets (954) meledak

Photo :
  • X/@DI_Ukraine

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Ukrainska Pravda, kapal perang Ivanovets membawa empat unit rudal P-270 Moskit berkemampuan nuklir, dengan berat masing-masing 4 ton.

Selain empat rudal nuklir P-270, kapal Ivanovets juga mampu membawa empat unit rudal anti-kapal P-15 Termit, dan 16 rudal anti-kapal Kh-35 Uran.

Kapal perang rudal nuklir Rusia R-334 Ivanovets (954) adalah salah satu dari lima korvet kelas Tarantul III, yang berada dalam Divisi Kapal Rudal Sulinsk ke-295 Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya