Fakta Bikin Gempar, Ternyata Presiden Amerika Joe Biden Keturunan Prajurit Kriminal

VIVA Militer: Foto Joe Biden bersama kedua orang tuanya
Sumber :
  • nypost.com

VIVA – Sebuah dokumen milik pemerintah Amerika Serikat (AS) yang menyimpan data dan fakta masa lampau, baru saja ditemukan. Salah satu isinya membuat gempar, karena terkait dengan keluarga Presiden AS saat ini, Joe Biden.

Palestina Tinjau Ulang Kebijakannya terhadap AS menyusul Veto Permohonan di PBB

Dokumen tersebut berisi tentang sejumlah peristiwa saat Perang Saudara AS pecah pada 1861 hingga 1865, di masa pemerintahan Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln.

Ternyata, sosok yang dijuluki Bapak Demokrasi Dunia itu pernah memberikan sebuah pengampunan kepada seorang tentara Amerika bernama Moses Johnson Robinette. Robinette adalah anggota Tentara Perserikatan (Union Army) yang ternyata merupakan kakek buyut Biden.

Jenderal TNI Maruli Ungkap Fakta Serius Ancaman Pertahanan Indonesia

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Russia Today, Robinette pernah dijatuhi hukuman penjara dan kerja paksa selama 2,5 tahun di Key West, Florida, usai menikam rekannya sesama tentara Amerika.

VIVA Militer: Dua Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Abraham Lincoln

Photo :
  • tmz.com
Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Robinette terlibat perkelahian dengan seorang perwira militer Amerika Serikat, yang diketahui bernama John Alexander, di Kamp Union Army Virginia. 

Saat diadili di Pengadilan Militer Amerika Serikat, Robinette sempat berkelit dengan mengatakan tindakannya murni sebagai bela diri. Sayang, pernyataannya ditolak mentah oleh hakim.

"Dia (Alexander) menangkap saya dan mungkin akan melukai saya secara serius, seandainya saya tidak melakukan tindakan yang saya lakukan," kata saat menjalani pengadilan militer.

Beruntung bagi Robinette, ia mendapatkan pengampunan dari Lincoln pada bulan September 1864. Dikutip VIVA Militer dari The Washington Post, usai bebas dari penjara Robinette pulang ke rumah dan pertaniannya di Maryland.

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • ktvz.com

Robinette sendiri adalah prajurit Union Army, yang merupakan cikal bakal Angkatan Bersenjata AS (US Army) yang bertugas sebagai dokter hewan. Ia merawat kuda dan bagal penarik artileri meriam.

Tak banyak pihak yang mengetahui fakta ini. Sebab, Robinette adalah kakek dari Mary Elizabeth Robinette, yang merupakan nenek Biden. Mary Elizabeth adalah ibu dari ayah Biden, Joseph Robinette Biden Sr.

Biden sendiri adalah putra sulung dari empat anak dari pasangan Joseph dan Catherine Eugenia Biden, yang lahir pada 20 November 1942. Biden resmi menjadi Presiden AS ke-45 menggantikan pejabat sebelumnya, Donald Trump, pada Januari 2021 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya