Akhirnya Makan Korban, 3 Awak Kapal Barbados Tewas Dibantai Rudal Houthi

VIVA Militer: Kapal kargo MV True Confidence terbakar dihantam rudal Houthi
Sumber :
  • aljazeera.com

VIVA – Sebuah kapal kargo berbendera Barbados dengan nama MV True Confidence, menjadi sasaran serangan rudal milisi Houthi Yaman saat melintas di Teluk Aden, Selasa 5 Maret 2024.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Popular Mechanics, rudal milisi pimpinan Abdul Malik al-Houthi menghantam kapal tersebut antara pukul 09.30 atau 11.30 (data berbeda) waktu setempat.

MV True Confidence disebut tengah transit di Teluk Aden, untuk selanjutnya berlayar menuju Jeddah, Arab Saudi, melalui Laut Merah. Kapal ini juga berencana untuk mengirimkan kargo produk baja dan truk di China.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dalam laporan lain yang dilansir VIVA Militer dari The National, seorang juru bicara milisi Houthi mengonfirmasi serangan tersebut dan mengakui jadi pihak yang bertanggung jawab.

VIVA Militer: Kapal kargo berbendera Barbados, MV True Confidence

Photo :
  • tasnimnews.com
Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Menurutnya, kapal tersebut dihantam Rudal Balistik Anti-Kapal (ASBM) yang tak disebut jenisnya 62 mil (99,7 kilometer) barat daya Pelabuhan Aden.

Akibat ledakan yang ditimbulkan rudal, tiga orang awak kapal MV True Confidence tewas, sementara lima atau enam lainnya mengalami luka-luka.

Sejak melancarkan serangan terhadap kapal komersial dan kapal perang yang melintasi Laut Merah dan perairan sekitarnya, rudal atau drone Houthi tak pernah menimbulkan satu pun korban tewas.

Oleh sebab itu, untuk pertama kalinya serangan rudal Houthi memakan korban jiwa. Menurut laporan yang dinukil VIVA Militer dari Reuters, MV True Confidence adalah kapal ke-15 yang dirusak oleh milisi Houthi.

Kapal tersebut dimiliki oleh perusahaan True Confidence Shipping yang terdaftar berbasis di Liberia, dan dioperasikan perusahaan Third January Maritime yang berkantor di Yunani.

Pemilik kapal membantah kapal tersebut terkait dengan entitas Amerika Serikat (AS) atau Israel. Meskipun, sebelumnya kapal tersebut dimiliki oleh perusahaan AS, Oaktree Capital Management.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya