Dikawal 4 Jet Tempur Sukhoi Flanker, Vladimir Putin Datangi Pemakaman Presiden Iran

VIVA Militer: Pesawat Presiden Vladimir Putin dikawal jet tempur Su-35
Sumber :
  • independent.co.uk

VIVA – Sebagai salah satu sekutu utama Iran, Presiden Rusia, Vladimir Putin, tiba di Tehran untuk menghadiri prosesi pemakaman Presiden Ebrahim Raisi, Selasa 21 Mei 2024.

Dankodiklatal dan Panglima Armada Barat Tentara Laut Malaysia Buka Patkor Malindo di Selat Malaka

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Globe Eye News, Putin terbang ke Iran dengan kawalan empat unit jet tempur Sukhoi Su-35 Flanker militer Rusia.

"Putin akan melakukan perjalanan ke Iran dengan pengamanan ketat dan pengawalan 4 pesawat militer Sukhoi 35. Dia akan berpartisipasi dalam upacara pemakaman presiden Iran Raeisi," bunyi laporan Globe Eye News.

TNI Berduka, Kolonel Saryanto Meninggal Dunia di Kepulauan Anambas

Sebelumnya pada hari Senin, Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada Iran atas kemartiran Presiden Iran Raeisi, dengan mengatakan bahwa ia mengabdikan hidupnya untuk melayani tanah airnya.

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin, tiba di Tehran, Iran

Photo :
  • usatoday.com
Ternyata Mata-mata Rusia, Remaja 19 Tahun Diringkus Pasukan Intelijen Ukraina

"Sayyid Ebrahim Raeisi adalah seorang politisi luar biasa yang seluruh hidupnya mengabdi untuk mengabdi pada Tanah Air," ucap Putin dalam pidatonya. 

"Dia berhak menikmati rasa hormat yang tinggi dari rekan senegaranya dan prestise yang besar di luar negeri. " katanya dikutip VIVA Militer dari Sputnik News.

Putin mengenang sosok Raisi sebagai pemimpin negara sahabat, yang dianggap sangat berkontribusi besar bagi hubungan Iran dan Rusia. Tak segan, Putin menyebut Raisi sebagai sahabat sejati Rusia.

"Sebagai sahabat sejati Rusia, dia memberikan kontribusi pribadi yang sangat berharga bagi pengembangan hubungan bertetangga yang baik antar negara kita," ujar Putin melanjutkan.

VIVA Militer: Vladimir Putin dan Ebrahim Raisi

Photo :
  • france24.com

"(Raisi telah) melakukan upaya besar untuk membawa mereka ke tingkat kemitraan strategis," katanya.

Raisi dinyatakan tewas usai menjadi korban kecelakaan helikopter di Provinsi Azerbaijan Timur, Minggu 19 Mei 2024. Selain menewaskan Raisi, kecelakaan itu juga merenggut nyawa Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya