5 Deretan Amunisi Senjata Kaliber Besar Buatan Bandung

VIVA Militer: Prajurit TNI AU Latihan Menembak Mortir
Sumber :
  • Paskhas.tni.mil

VIVA – Setiap tahunnya Indonesia mengalami kemajuan yang cukup signifikan di bidang militer. Karena kini perusahaan dalam negeri yaitu PT Pindad mampu memproduksi sendiri amunisi untuk keperluan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga Indonesia.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA Militer melalui situs PT PindadKamis 16 Juli 2020, pabrik asal Bandung itu memproduksi tiga jenis amunisi yaitu amunisi dengan kaliber kecil, besar, dan amunisi khusus atau spesial. Namun kali ini, kita akan membahas lima amunisi dengan kaliber besar karya anak dalam negeri.

Berikut 5 amunisi kaliber besar buatan PT Pindad:

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas
  1. Mortar Kaliber 60mm

VIVA Militer: Amunisi Kaliber Besar PT Pindad, Mortar Kaliber 60mm

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Amunisi berkaliber besar satu ini terbagi lagi menjadi lima varian yaitu MU28 PE Long Range Mortar Bomb yang memiliki berat 1,8 kilogram dengan kecepatan peluru sejauh 89 sampai 258 meter per detik, MU28 AS Smoke Mortar Bomb memiliki berat 1,8 kilogram yang dilapisi dengan baja tampa dengan kecepatan peluru sejauh 89 sampai 258 meter per detik.

Selain itu MU28 AS atau yang bisa disebut GMO GAS A2, jika ditembakkan dan mengenai sasaran maka akan mengeluarkan asap. Lamanya asap yang akan keluar dari GMO GAS A2 selama kurang lebih 25 detik.

Kemudian varian ketiga dan keempat yaitu MU28 LAT A1 dan MU28 LAT A2 disebut dapat digunakan untuk sesi latihan. Untuk amunisi A1 memiliki berat 1,8 kilogram, sementara itu A2 memiliki berat 1,7 kilogram.

Varian terakhir dari mortar kaliber 60mm adalah MU27 PE 60mm HE Command MortarBomb. Tidak berbeda jauh dengan varian pertama dan kedua, MU27 PE juga dilapisi dengan baja tampa yang memiliki kecepatan peluru sejauh 57 hingga 94.4 meter per detik.

  1. Cartridge 12 GA 00 BUCK

VIVA Militer: Amunisi Kaliber Besar PT Pindad, Cartridge 12 GA 00 BUCK

Cartridge 12 GA 00 BUCK merupakan amunisi berkaliber besar yang biasa digunakan dalam senjata shotgun. Cartridge 12 GA 00 BUCK buatan PT Pindad ini memiliki panjang 6 centimeter dengan beratnya hanya 3,7 gram. Jarak tembak dari varian ini sejauh  54,6 meter dengan kecepatan peluru 330 meter per detik.

  1. Mortar Kaliber 44 mm

VIVA Militer: Amunisi Kaliber Besar PT Pindad, Mortar Kaliber 44 mmAmunisi kaliber besar buatan pabrik asal Bandung berikutnya adalah Mortar Kaliber 44 mm. Amunisi ini biasanya digunakan untuk membubarkan masa secara paksa karena ada berisi gas air mata ataupun peluru karet.

Kaliber varian 44 mm ini juga terbagi menjadi empat jenis lagi yaitu MU53-AR A1 (MU44) Tear Gas Ammunition, peluru gas air mata ini memiliki berat 1,6 kilogram dan dapat mengenai sasaran sejauh satu meter. Jika mata terkena asap dari peluru ini maka akan terasa perih, begitu pula dengan kulit kita. 

Kemudian MU53 AR Tear Gas Powder Ammunition memiliki berat 1,1 kilogram dengan jarak efektif penembakan sejauh 50 meter dan jika terkena asapnya kita akan merasa pedih di mata serta kulit.  Selanjutnya MU53 BK A1 Rubber Buckshoot Ammunition dapat mengenai sasaran sejauh 150 centimeter dengan berat 1,4 kilogram.

Jenis MU53 BK Rubber Ball Ammunition menjadi jenis terakhir dalam varian kaliber 44 mm. Spesifikasi dari varian ini tidak jauh berbeda dengan yang lain, hanya berat saja yang berbeda yaitu 92 gram.

  1. Mortar Kaliber 81mm

VIVA Militer: Amunisi Kaliber Besar PT Pindad, Mortar Kaliber 81mmVarian Mortar Kaliber 81mm juga memiliki empat jenis yaitu MU29 LAT A1 Granat Mortir Latih, sesuai dengan namanya amunisi jenis ini biasanya digunakan prajurit TNI untuk berlatih. Spefisikasi MU29 LAT A1 dan MU29 LAT A2 sebagai mortir latih tidak jauh berbeda, untuk A1 beratnya 4,6 kilogram dan A2 hanya 4,5 kilogram. 

Kemudian untuk MU29 AS Smoke Mortar Bomb MU29 PE HE Mortar Bomb, spesifikasinya juga tidak jauh berbeda. Kedua amunisi ini sama-sama memiliki berat 4,6 kilogram dengan kecepatan peluru 67 sampai 353 meter per detik.

  1. Kaliber 38 mm

VIVA Militer: Amunisi Kaliber Besar PT Pindad, Kaliber 38 mm

Amunisi buatan karya anak dalam negeri dibagi menjadi empat jenis yang berbeda pula yaitu MU24 BK Rubber Ball Cartridge memiliki jarak efektif penembakan sejauh 50 meter dan memiliki berat 160 gram saja.

Lalu MU24 KT Rubber Shootshel Cartridge, MU24 AR A1 Tear Gas Cartridge Smoke, dan MU24 AR Tear Gas Cartridge. Ketiga amunisi kaliber besar ini spesifikasinya tidak berbeda jauh yaitu lapisan luar amunisi sama-sama dilapisi karet. Sementara itu untuk beratnya masing-masing berkisar 158 gram, 123 gram, dan 110 gram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya