Tak Cuma TNI, Militer Malaysia Juga Beli Kapal Buatan Jawa Timur.

VIVA Militer: Monohull X15 Fast Patrol Boat
Sumber :
  • PT Lundin

VIVA – Kapal produksi PT Lundin ternyata tidak hanya dinikmati oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) saja tapi juga dibeli militer negara tetangga seperti Negeri Jiran, Malaysia.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Kapal varian Monohull X15 Fast Patrol Boat menjadi salah satu kapal patroli sekaligus tempur ringan yang dimiliki oleh Malaysia. Kapal hasil kerjasama pabrik asal Banyuwangi ini memiliki tiga ukuran yaitu 11 meter, 16 meter, dan 16,5 meter. 

Kapal ini mampu mengangkut 14 personel di dalamnya. Selain itu X15 Fast Patrol Boat juga dilengkapi senjata kaliber 12.7 mm dan 7.2 mm kaliber GPMG sebagai sistem pertahanan diri.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Menurut informasi yang dihimpun VIVA Militer dari situs PT Lundin Kamis 16 Juli 2020, ada dua kapal dengan dimensi 11 meter yang digunakan Angkatan Laut Timor Leste. 

Pabrik asal Banyuwangi ini telah mengoptimalkan X15 untuk penggunaan di daerah tropis dan memiliki bentuk lambung dengan draft yang dangkal. Sehingga membuat X15 sangat  ideal untuk operasi daratan dan di laut.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Belajar dari perusahaan milik keluarga di Swedia yang telah membangun lebih dari 200 unit CB90 yang masih masih beroperasi, membuat PT Lundin menggunakan teknologi pengetahuan serta peningkatan di X15 Fast Patrol Boat.

Dengan palka depan dan memiliki tangga pendakian, kapal ini cocok untuk operasi amfibi. Ini juga menambah peran X15 sebagai kapal respon cepat dalam pekerjaan patroli reguler, pengintaian, pengawasan, penegakan hukum, kontra-pembajakan, evakuasi medis, dan operasi penyelamatan.

Baca : Pesawat Militer Turki Mendadak Jatuh, 5 Pejabat Tewas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya