Letda Deny 18 Tahun Tak Pulang-pulang, Fortuner Ahon Bikin Heboh TNI

VIVA Militer : Pasukan TNI sisir kelompok bersenjata OPM di Papua (ilustrasi)
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA – Selamat pagi pembaca setia VIVA Militer di manapun kalian berada. Semoga kalian dalam keadaan yang sehat meski harus tetap beraktifitas di luar rumah ya. Pasti kalian penasarankan lima berita terpopuler edisi Sabtu dan Minggu 3 hingga 4 Oktober 2020?

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Berikut jajaran lima berita terpopuler VIVA Militer edisi Sabtu Minggu 3 dan 4 Oktober 2020:

Berita pertama datang dari Negeri Paman Sam nih. Ternyata dampak yang diberikan dari penyebaran virus COVID-19 ini tidak main-main. Selain faktor ekonomi yang terkena dampaknya, faktor psikis seseorang juga terkena dampak Virus Corona ini.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dalam laporan VIVA Militer sebelumnya, diberitahu bahwa tingkat kematian semakin bertambah disebabkan karena kasus bunuh diri di kalangan militer Amerika Serikat (AS). Bahkan jumlah prajurit yang meninggal karena bunuh diri meningkat hingga 20 persen.

"Saat ini, terlalu dini untuk menentukan apakah tingkat bunuh diri akan meningkat terus di tahun 2020. Kita harus menyelesaikan data dan investigasi setahun penuh untuk menentukan penyebab kematian,” kata salah satu pejabat tinggi Pertahanan AS, Karin Orvis yang dikutip VIVA Militer dari Task and Purpose.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Ternyata pandemi ini juga bisa menyerang psikis seorang tentara terlatih ya. Kira-kira berapa ya jumlah tentara AS yang meninggal bunuh diri karena COVID-19? Simak kelanjutannya dengan klik link di bawah ini ya.

114 Tentara Amerika Nekat Bunuh Diri Akibat Stress COVID-19

Pasukan Angkatan Bersenjata Azerbaijan diklaim berhasil memenangkan perang melawan pasukan militer Armenia, di wilayah Nagorno-Karabakh. Setelah data yang diluncurkan Kementerian Pertahanan Armenia, ada bukti lain yang menegaskan keberhasilan pasukan Azerbaijan.

Salah satu pihak yang meyakini jika pasukan Azerbaijan telah berhasil memenangkan pertempuran adalah Turki. Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Hurriyet Daily News, kabar itu langsung dilontarkan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dalam kunjungannya ke Konya, Anatolia Tengah.

"Armenia mengalami hasil yang terduga. Tentara Azerbaijan yang sekarang maju dengan sukses di garis depan, telah menyelamatkan banyak wilayah (Nagorno-Karabakh) dari pendudukan," ujar Erdogan.

Nah, berita tentang Presiden Turki yang puji keberhasilan tentara Azerbaijan menduduki posisi kedua dalam jajaran berita terpopuler kali ini. Simak ucapan Erdogan yang lainnya dengan klik link di bawah ini ya.

Erdogan Puas Lihat Azerbaijan Hancurkan Pasukan Armenia

Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil menyergap gerombolan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Honai, Kabupaten Nduga, Papua dalam kontak tembak yang terjadi antara pasukan TNI dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), Sabtu, 3 Oktober 2020.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kol Czi IGN Suriastawa di Papua.

Kapen Kogabwilhan III menjelaskan bahwa, kontak tembak tersebut berhasil menewaskan salah seorang anggota KKSB anak buah  Egianus Kogoya yang sedang berada dalam tempat persembunyian di sebuah Hanoi di Distrik Dal wilayah Nduga. 

Berita terpopuler yang berhasil menduduki urutan ketiga datang dari jajaran TNI pada hari Minggu 4 Oktober 2020. Untuk kalian yang penasaran dengan kelanjutan ceritanya, bisa klik link di bawah ini ya.

Aksi Mendebarkan TNI Tembak Mati OPM di Nduga Papua

Danpuspomad, Letjen TNI Dodik Widjanarko mengatakan warga sipil yang menggunakan mobil dinas TNI diketahui bernama Suherman Winata alias Ahon. Videonya sempat viral, karena Ahon bawa mobil dinas TNI lagi beli bakmi di kawasan Tamansari, Jakarta Barat.

“Suherman Winata alias Ahon sudah dimintai keterangan di Mapuspomad,” kata Dodik melalui keterangan tertulis.

Selain itu, Dodik mengatakan kendaraan Toyota Fortuner berpelat  dinas TNI nomor registrasi 3688-34 warna hijau army sudah diamankan. Menurutnya, mobil TNI tersebut bukan kendaraan organik Puspomad.

Memang video seorang warga sipil yang membawa mobil dinas TNI sempat viral di media sosial. Yuk simak kelanjutannya dengan klik link di bawah ini.

Jenderal Dodik: Mobil TNI yang Viral Dipakai Suherman Winata

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa merasa kaget ketika mendengar pengakuan dari salah satu istri anak buahnya yang baru saja lulus sekolah Perwira TNI Angkatan Darat (AD) karena Sang Suami, Letda Deny Andriani ternyata 18 tahun tak pernah pulang ke kampung halaman karena bertugas di Kodim 1806 Teluk Bintuni, Papua Barat. 

Dikutip VIVA Militer dari akun instagram resmi TNI AD, kekagetan orang nomor satu di Korps TNI Angkatan Darat itu terlihat jelas ketika Jenderal Andika berbincang-bincang dengan Letda Deny dan istrinya melalui video conference setelah Jenderal Andika memimpin Upacara Prasetya Perwira TNI Angkatan Darat TA. 2020 di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD, Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Wah, kira-kira hadiah apa ya yang diberikan orang nomor satu di jajaran Angkatan Darat itu? Pastikan kalian klik link di bawah ini untuk mengetahui kelanjutannya ya.

18 Tahun Dinas di Papua,Jenderal TNI Andika Kasih Hadiah ke Letda Deny

Demikian 5 artikel terpopuler VIVA Militer edisi Sabtu dan Minggu 3 hingga 4 Oktober 2020. Nantikan rangkuman 5 top artikel selanjutnya ya. Dan ikuti informasi terhangat, terpanas dan paling update seputar dunia militer di akun-akun media sosial VIVA Militer. Lengkap kok ada di Twitter, Instagram dan Facebook.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya