Demi Temui Prajuritnya, Brigjen TNI Izak Masuki Sarang OPM

VIVA Militer: Komandan Korem 1721/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan
Sumber :
  • Korem 1721/PWY

VIVA – Sungguh luar biasa, Brigadir Jenderal Izak Pangemanan dengan gagah berani menembus zona merah basis utama kelompok separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) hanya demi mengunjungi anak-anak buahnya yang sedang bertugas.

Meningkatkan Literasi Digital di Wilayah Timur, Langkah Menuju Pendidikan Merata

Brigjen TNI Izak masuk ke wilayah Distrik Mbua di Kabupaten Nduga, Papua. Beliau masuk ke wilayah terganas di Papua itu hanya dengan berbekal senjata dan rompi antipeluru.

Berdasarkan keterangan resmi yang dilansir VIVA Militer, Rabu 14 Oktober 2020, Brigjen Izak merupakan Komandan Komando Resor Militer 172 Praja Wira Yakthi, beliau sengaja datang ke wilayah itu untuk mengunjungi pasukan Korem 721/PWY yang sedang mengemban tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan).

Pertemuan JMC RI-Papua Nugini, Dirjen Adwil Kemendagri: Tingkatkan Kerja Sama di Perbatasan

Dia mendatangi pasukannya pada Sabtu 10 Oktober 2020, tujuannya ke wilayah berbahaya itu memang benar-benar ingin memberikan dorongan semangat kepada para prajurit TNI yang bertugas di kawasan itu.

Perjalanan Brigjen TNI Izak ke pos tugas prajurit TNI bukan sebuah perjalanan yang mudah. Selain daerah itu menjadi basis utama OPM, medan menuju lokasi juga sangat parah. Maklumlah lokasi berada di pedalaman Papua.

Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo

Jalan menuju ke Distrik Mbua terjal dan cuma berlandaskan batu-batu besar yang licin dan lepas, belum lagi cuaca di lokasi sangat ekstrem. Mobil TNI yang dikerahkan mengantar Brigzen Izak beberapa tergelincir. Bahkan terpaksa melaju dengan bantuan tali.

Dengan dikawal beberapa prajuritnya, Brigjen TNI Izak akhirnya tiba juga di lokasi, 13 jam dia menghabiskan waktu menembus zona merah itu. Setiba di Pos TNI, Brigen Izak langsung bercengkrama dengan pasukannya.

Komandan Korem 721/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan

"Kepada prajurit, saya mengingatkan agar selalu meningkatkan komunikasi dengan masyarakat serta meningkatkan kewaspadaan mengingat akhir-akhir ini aktivitas kelompok separatis bersenjata terus meningkat. Jangan ada gesekan sekecil apapun dengan masyarakat yang dapat menimbulkan konflik baru," kata Brigjen Izak berpesan kepada pasukannya.

Perlu diketahui, selain menjabat sebagai Danrem Korem 1721/PWY, Brigjen Izak juga merupakan Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops).

Dan prajurit TNI yang ditugaskan di wilayah tersebut adalah pasukan dari Batalyon Infanteri Para Raider 432/Waspada Setia Jaya dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Kariango, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Baca: Hebat, 3 Babinsa TNI Bubarkan Ratusan Perusuh di Jakarta Tanpa Senjata

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya