OPM Jangan Coba-coba Berulah, Marinir TNI AL Sudah Siaga di Papua

VIVA Militer: Prajurit Marinir TNI AL dari Yonmarhanlan XIV Sorong, Papua
VIVA Militer: Prajurit Marinir TNI AL dari Yonmarhanlan XIV Sorong, Papua
Sumber :
  • Pen Yonmarhanlan XIV Sorong

VIVA – Peringatan 1 Desember yang diklaim sebagai perayaan hari ulang tahun kelompok separatis bersenjata yang tergabung dalam Organisasi Papua Merdeka (OPM) menjadi salah satu perhatian khusus bagi kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Biasanya, setiap memasuki bulan Desember Papua sering kali bergejolak karena ulah kelompok OPM yang hendak menganggu persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kali ini sepertinya TNI tidak akan tinggal diam dengan rencana busuk para separatis senjata OPM itu. TNI bersama Polri ternyata sudah siaga sejak tanggal 27 November 2020 lalu.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bataliyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan)XIV yang bermarkas di Sorong, Papua. Mereka telah menerjunkan prajurit Marinir TNI AL untuk melaksanakan pengamanan Keamanan dan Ketertiban Nasional (Kamtibnas) di Papua sejak beberapa hari lalu.

Photo :
  • Pen Yonmarhanlan XI Merauke

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) XIV, Letkol Marinir Bejo Santoso menyatakan, pihaknya telah mengerahkan prajurit terbaik Yonmarhanlan XIV Sorong dalam rangka perbantuan perkuatan Polri di Kota Sorong menyikapi isu-isu menjelang tanggal 01 Desember yang diklaim pihak lainnya sebagai hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka.

"Kegiatan pengamanan yang telah dimulai sejak tanggal 27 November 2020 lalu ini merupakan wujud Sinergitas TNI dan Polri dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI serta menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari," kata Danyonmarhanlan Letkol Marinir Bejo Santoso di Sorong, Papua, Selasa, 1 Desember 2020.