Misteri Pasukan Elite Korps Paskhas TNI di Mata Jenderal Amerika

VIVA Militer: Panglima TNI bersama anggota Korps Pasukan Khas (Paskhas)
Sumber :
  • paskhas.mil.id

VIVA – Jangan pernah lupa jika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) juga memiliki pasukan elite dengan kualifikasi Para Komando (Parako). Ya, satuan elite itu bernama Korps Pasukan Khas (Paskhas) yang sudah berdiri sejak 17 Oktober 1947.

Sempurna, Rudal Iran Mampu Hancurkan Jet-jet Tempur Siluman Amerika

Menurut catatan yang dikutip VIVA Militer dari buku "Baret Jingga. Pasukan Payung Pertama di Indonesia", seperti halnya Komando Pasukan Khusus (Kopassus) milik TNI Angkatan Darat dan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, jumlah personel Korps Paskhas juga dirahasiakan. 

Tak hanya itu, setiap anggota Korps Paskhas juga memiliki kemampuan tempur tiga matra, baik darat, laut, maupun udara. Namun demikian, Korps Paskhas memiliki ciri yang tidak dimiliki oleh Kopassus dan Korps Marinir, yakni Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD).

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

Operasi tersebut adalah tugas tambahan yang mampu dijalankan oleh anggota Korps Pasukan Khas, dengan merebut dan mempertahankan pangkalan udara. Hal ini dilakukan untuk selanjutnya menyiapkan pendarayan pesawat dan penerjunan pasukan kawan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
5 Roket dari Irak Hantam Pangkalan Militer Amerika di Suriah

Banyak pihak yang menyebut bahwa pasukan dengan ciri baret jingga (oranye) lebih tertutup dibandingkan Kopassus dan Korps Marinir. Salah satunya adalah mantan Komandan Komando Pusat Amerika Serikat (US Central Command), Jenderal (Purn.) Tommy Franks.

Franks yang punya banyak pengalaman tempur bersama pasukan Delta Force di Vietnam, Irak dan Afghanistan, menyebut bahwa Korps Paskhas adalah pasukan elite Indonesia yang jarang ambil bagian dalam latihan gabungan. 

Hal ini dimaklumi oleh Franks. Sebab sebagai mantan anggota pasukan khusus, dalam latihan gabungan bersama sejumlah negara tentu rahasia teknik khsus tidak akan pernah ditunjukkan. Sebab jika ditunjukkan, hal ini bisa sangat berbahaya.

"Ada satu pasukan khusus Indonesia yang jarang mengadakan latihan bersama yaitu Angkatan Udara. Sebagai orang yang pernah memimpin pasukan khusus, saya tahu banyak rahasia teknik militer yang tidak ditunjukkan dalam latihan perang bersama," ucap Franks.

Photo :
  • VIVAnews/D.A.Pitaloka

Ternyata, Franks juga mengetahui kehebatan Korps Pasukan Khas. Sebagai pasukan elite TNI Angkatan Udara, Franks menyebut bahwa Korps Paskhas adalah pasukan elite dari matra udara terlengkap di dunia.

"Pasukan khusus Angkatan Udara Indonesia adalah satu-satunya pasukan dengan kualifikasi Korps Pasukan Khas TNI  AU di Asia dan katanya terlengkap di dunia," kata Franks.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya