Tugas 10 Bulan, Prajurit Badak Ceta Cakti TNI AD Disambut di Cijantung

VIVA Militer: 30 Prajurit Yonkav 1 Kostrad tiba di Mayonkav Cijantung
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – 30 personel TNI Angkatan Darat dari satuan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1 Kostrad yang bertugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan atau Satgas Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara sudah tiba di Markas Yonkav 1 Kostrad, Cijantung.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Kedatangan prajurit pilihan Kostrad TNI AD yang telah purna tugas setelah menjalankan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) selama 10 bulan di daerah rawan itu disambut hangat oleh pasukan Kostrad yang mendapat julukan Badak Ceta Cakti. Kedatangan mereka langsung disambut oleh seluruh prajurit dengan yel-yel selamat datang serta salam penghormatan berjajar di gerbang Markas Komando Yonkav 1 Kostrad TNI AD.

Tidak hanya itu, kedatangan prajurit pilihan Kostrad TNI AD itu juga disambut dengan upacara penyambutan oleh seluruh personel Yonkav 1 Kostrad yang dipimpin oleh Wadanyonkav 1 Kostrad Kapten Kav Widi Kuncoro mewakili  Komandan Batalyon Kavaleri (Danyonkav) 1 Kostrad Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo di Lapangan Apel Makoyonkav 1 Kostrad TNI AD.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Dalam upacara penyambutan itu, 30 personel Satgas Pamrahwan itu mencium panji satuan Badak Ceta Cakti sebagai bentuk penghormatan terhadap satuan komandonya.

VIVA Militer: Upacara penyambutan Satgas Pam Rahwan di Mako Yonkav 1 Kostrad

Photo :
  • Penkostrad
Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Wadanyonkav 1 Kostrad, Kapten Kav Widi Kuncoro menyampaikan rasa bangganya kepada prajurit yang telah berhasil menjalankan tugas selama 10 bulan di Maluku dan Maluku Utara. Sebab, penugasan yang diberikan kepada 30 prajurit pilihan Kostrad TNI AD itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Terlebih lagi, kata Kapten Kav Widi, situasi di daerah sangat tidak menentu atau setiap saat dapat berubah-ubah.

"Penugasan ini merupakan salah satu implementasi pelaksanaan pasal 7 undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Bahwa tugas pokok TNI dalam operasi selain perang (OMSP) diantaranya adalah pengamanan daerah perbatasan dan pengamanan daerah rawan. Jadikanlah tugas ini sebagai guru yang terbaik dalam peningkatan kemampuan kalian," kata Kapten Kav Widi Kuncoro dikutip VIVA Militer dari keterangan resmi Penkostrad TNI AD, Senin, 1 Februari 2021.

Untuk diketahui, 30 prajurit Yonkav 1 Kostrad yang dipimpin oleh Letda Kav Pradifta itu selama bertugas di daerah rawan itu telah diperbantukan ke satuan Yonarmed 9 Kostrad untuk melaksanakan tugas pengamanan di Maluku dan Maluku Utara. Selama bertugas sebagai Satgas Pam Rahwan, Yonarmed 9 Kostrad tidak hanya fokus pada pengamanan di wilayah perbatasan saja, tapi juga telah banyak memberikan kontribusi bagi warga Maluku dan Maluku Utara dengan melaksanakan kegiatan berupa Karya Bhakti, Pengobatan Massal, Anjangsana, mengajar, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya