Ini Sosok Jenderal Kopassus Pengungkap Status Serda Aprilia Manganang

VIVA Militer: Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang
Sumber :
  • Pendam XIII/Merdeka

VIVA – Nama Sersan Dua (Serda) TNI Aprilia Manganang akhir-akhir ini menjadi perbincangan publik karena perubahan status menjadi seorang laki-laki yang disebabkan oleh kelainan medis Hipospedia.

Bea Cukai dan TNI Gagalkan Penyelundupan Ballpress di Jalur Tikus Perbatasan Indonesia-Malaysia

Tahu kah anda, siapa orang yang pertama kali berhasil mengungkap adanya kelainan dari seorang prajurit TNI Angkatan Darat yang dikenal sebagai atlet timnas voli putri itu?

Dia adalah Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Santos Gunawan Matondang yang saat ini menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka yang bermarkas di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Iya, Mayjen TNI Santos Matondang adalah Perwira Tinggi TNI Angkatan Darat yang pertama kali melihat kelainan pada Serda TNI Aprilia Manganang. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad, Jakarta Pusat, pada hari Selasa, 9 Maret 2021 lalu.

Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkapkan, kelainan pada Serda TNI Aprilia Sentani Manganang terlihat secara kebetulan oleh Mayjen TNI Santos Matondang yang merupakan Komandan Satuan yang memimpin seluruh prajurit TNI Angkatan Darat yang bertugas dijajaran Kodam XIII/Merdeka.

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

"Karena seperti yang rekan-rekan lihat bersama, Sersan Aprilia Manganang ini diklaim sebagai seorang wanita atau memiliki akte kelahiran seorang wanita, tetapi penampilan fisiknya tidak seperti wanita lain," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

VIVA Militer : Mayjen TNI Santos G Matondang mengecek kesiapan pasukan Yonif 715

Photo :
  • Instagram @Kodam13Mdk

Lebih jauh Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan, Serda TNI Aprilia Manganang baru diketahui memiliki kelainan medis atau yang disebut Hipospedia pada tanggal 3 Februari 2021 lalu, setelah Pangdam Merdeka melakukan pemeriksaan kepada Serda Aprilia Manganang di Rumah Sakit Angkatan Darat Wolter Monginsidi.

Pada kesempatan ini, Jum'at, 12 Maret 2021, VIVA Militer akan mengupas lebih jauh lagi sosok Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang sebagai orang yang paling berjasa dalam perjalanan kehidupan Serda TNI Aprilia Sentani Manganang.

Mayjen TNI Santos Matondang adalah Jenderal Bintang Dua yang berasal dari satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Dia baru menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka pada tanggal 9 Januari 2020 lalu.

Dalam perjalanan karir militernya, Mayjen TNI Santos Matondang dikenal sebagai seorang Perwira Tinggi TNI Angkatan Darat yang memiliki pengalaman dan karir yang sangat luar biasa.

Sebelum menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka, pria lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1987 itu pernah menjabat sebagai Asisten Pengamanan Kasad pada tahun 2019 sampai awal Januari 2020.

Dia juga sempat menjabat sebagai Wadan Sesko TNI pada tanggal 6 Mei 2019 sampai 14 Agustus 2019.

Tidak hanya itu, pria kelahiran Jakarta 57 tahun silam itu juga pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI pada tahun 2018 silam.

Bahkan, Santos Gunawan Matondang diketahui juga pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus ketika masih menyandang pangkat Bintang Satu atau Brigjen pada tahun 2015-2016 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya