Kolonel Wirawan Jadi Dansatsel Ganti Posisi Komandan KRI Nanggala 402

VIVA Militer: Pangkoarmada II Lantik Dansatsel pengganti Laksma TNI (Anm) Harry
Sumber :
  • Pen.koarmada II

VIVA – Insiden tenggelamnya kapal selam TNI Angkatan Laut, KRI Nanggala 402 beberapa waktu lalu masih menyisakan duka yang sangat mendalam bagi keluarga besar TNI, khususnya TNI Angkatan Laut.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Kendati demikian, roda organisasi harus tetap berjalan dan tugas menjaga pertahanan di wilayah perairan masih terus harus dilakukan.

TNI Angkatan Laut pun telah menunjuk Kolonel Laut (P) Wirawan Ady Prasetya sebagai Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) menggantikan posisi yang sebelumnya telah ditempati oleh Laksma TNI (Anumerta) Harry Setyawan Komandan KRI Nanggala 402 yang telah gugur bersama 52 prajurit terbaik di perairan utara Pulau Bali ketika melaksanakan latihan penembakan torpedo pada 21 April 2021 lalu.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Dilansir dari keterangan resmi Koarmada II, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto secara resmi telah melantik Kolonel Laut (P) Wirawan Ady Prasetya sebagai Dansatsel.

Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang digelar di Gedung Indoorsport Koarmada II, Surabaya pada hari Senin, 24 Mei 2021 kemarin itu diawali dengan laporan Perwira Upacara kepada Pangkoarmada II, yang dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan pengangkatan Komandan Satsel.

Moment Megawati Sedih Kenang Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang Tenggelam di Selat Bali

Setelah itu, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto melakukan penyematan pangkat Kolonel dengan lis merah kepada Kolonel Laut (P) Wirawan. Kemudian, Pangkoarmada II menyerahkan tongkat komando Dansatsel kepada Kolonel Laut (P) Wirawan Ady Prasetya.

Dalam kesempatan itu, Pangkoarmada II menyatakan, jika musibah KRI Nanggala amat berpengaruh terhadap organisasi Satsel, oleh karena itu dengan hadirnya Komandan yang baru maka organisasi akan tetap berjalan sesuai strukturnya sebagai salah satu satuan komando pelaksana pembinaan Koarmada II.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada II juga mengajak seluruh hadirin untuk mendoakan Almarhum Laksma Anumerta Harry Setiawan beserta kru KRI Nanggala-402 semoga mendapat terbaik disisi Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk diketahui, Kolonel Laut (P) Wirawan Ady Prasetya bukanlah orang baru di satuan kapal selam TNI Angkatan Laut.

Pria lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 42 tahun 1996 itu sebelumnya pernah mengemban tugas sebagai Liaison Officer TNI Angkatan Laut di Kodam II Sriwijaya. Di Satuan kapal selam, kapabilitas Kolonel Wirawan tidak perlu diragukan lagi. Ia pernah menjabat sebagai Palaksa KRI Nanggala pada tahun 2008. Selain itu, Kolonel Laut (P) Wirawan juga tercatat pernah menjabat sebagai Komandan KRI Nanggala 402 pada tahun 2013.

Baca: Sosok Letjen Ganip Warsito, Pati TNI AD Pengganti Doni Monardo di BNPB

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya