TNI AL: Penambahan Kapal Selam Sangat Mendesak

VIVA Militer: TNI AL Gelar Upacara HUT Hiu Kencana ke-62 Tahun di Surabaya
Sumber :
  • Pen Koarmada II

VIVA – Satuan Kapal Selam atau yang dikenal dengan Hiu Kencana TNI Angkatan Laut hari ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-62 tahun. Di tengah pandemi COVID-19, Satuan Kapal Selam yang bermarkas di Surabaya itu menggelar upacara peringatan HUT Hiu Kencana yang ke-62 tahun dengan cara sederhana dan khidmat.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Komandan Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Satsel Koarmada II, Kolonel Laut (P) Wirawan Ady Prasetya. Dan prajurit yang bertugas membacakan Sapta Marga adalah Letda Laut (P) Agam.

Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi ketika membacakan amanat tertulis Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto menegaskan bahwa saat ini penambahan unit kapal selam dirasakan semakin mendesak. Hal itu dikarenakan kapal selam memiliki fungsi strategis baik di masa perang maupun disaat damai.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Menyikapi hal tersebut, lanjutnya, pemerintah dan TNI Angkatan Laut secara berkesinambungan terus berupaya agar pelaksanaan pengadaan kapal selam baru berteknolongi tinggi dapat segera direalisasikan untuk memperkuat Satuan Kapal Selam dalam menjaga kedaulatan di perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hingga saat ini, lanjut Pangkoarmada II, Satuan Kapal Selam memiliki 4 KRI yakni KRI Cakra-401, KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404 buatan Korea Selatan, serta KRI Alugoro-405 yang dibangun di PT.PAL Indonesia.

Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat

"Namun seiring upaya TNI AL memenuhi kekuatan armada kapal selamnya, kita diberi ujian dengan tenggelamnya KRI Nanggala-402 beserta 53 prajurit terbaik. Sehingga kini mereka berada dalam status On Eternal Patrol, menjaga laut Indonesia untuk selamanya," kata Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengenang insiden tenggelamnya KRI Nanggala-402, Senin, 13 September 2021.

Kendati demikian, dalam moment peringatan HUT Hiu Kencana ke-62 tahun ini, Pangkoarmada II menginstruksikan kepada seluruh jajaran Satuan Kapal Selam untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam bertugas sebagai suatu kewajiban tugas dan fungsi prajurit TNI Angkatan Laut, serta selalu siap dalam menjalankan penugasan.

“Melalui upacara HUT Satuan Kapal Selam ke-62 tahun 2021 yang bertemakan Satuan Kapal Selam Bangkit dan Tumbuh bersama Untuk Mengabdi Kepada NKRI, saya instruksikan untuk melaksanakan setiap tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi serta selalu berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Tri Sila TNI AL. Jaga kondisi kesamaptaan dan terus tingkatkan profesionalisme, guna menjamin pelaksanaan tugas secara optimal,” ujar Pangkoarmada II.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya