Ledakan Terjadi di Lumajang, Prajurit Paskhas TNI Terlibat Baku Tembak

VIVA Militer: Pasukan Korps Paskhas TNI Angkatan Udara terlibat pertempuran
Sumber :
  • paskhas.mil.id

VIVA – Ratusan prajurit Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara terlibat baku tembak dengan musuh di Lapangan Air Weapon Range (AWR), Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu 29 September 2021.

Mengenal Sagil, Siswa SD dengan Tinggi 2 Meter dari Kerinci Jambi

Pasukan Korps Paskhas dikerahkan untuk merebut kembali Pangkalan Udara (Lanud) milik TNI Angkatan Udara yang dikuasai musuh. Dalam unsur pasukan yang dikerahkan, ada pula personel dari Satuan Bravo 90 Paskhas (Sat Bravo 90 Paskhas).

Sebelum para personel Korps Paskhas melakukan penerjunan dari dua unite pesawat Lockheed C-130 Hercules, serangan lebih dulu dilancarkan oleh dua unit pesawat Embarer EMB 314 Super Tuscano.

28 Perwira TNI AU Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada Paspampres, Siapa Saja Mereka?

Setelah mendarat, pasukan Korps Paskhas mendapat serangan dari musuh. Pertempuran sengit pun tak terelakkan. Akan tetapi, dengan kemampuan tempur khusus yang dimiliki para personel Korps Baret Jingga, perlawanan musuh bisa diredam dengan cepat.

Berhasil menghabisi musuh, pasukan Korps Paskhas kemudian merangsek masuk ke Pangkalan TNI Angkatan Udara untuk membebaskan sandera. Kontak tembak pun kembali terjadi.

'Bravo Zulu' Kapal Selam TNI AL KRI Alugoro-405 Tembakkan Torpedo Black Shark di Selat Bali

VIVA Militer : Atraksi terjun payung Korpaskhas TNI AU

Photo :
  • tni-au.mil.id

Namun lagi-lagi, pasukan Korps Paskhas berhasil mengeliminasi pasukan musuh dan membebaskan sandera tanpa adanya korban.

Dilansir VIVA Militer dari situs resmi Korps Paskhas TNI Angkatan Udara, pertempuran tersebut merupakan skenario latihan puncak Korps Paskhas Trisula Perkasa Tahun Anggaran (TA) 2021.

Aksi para prajurit Korps Paskhas itu disaksikan langsung oleh Komandan Korps Paskhas (Dankorpspakhas), Marsekal Muda (Marsda) TNI Eris Widodo, beserta sejumlah pejabat tinggi TNI Angkatan Udara.

Ditegaskan Dankorpspaskhas, latihan puncak ini merupakan media untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan para prajuriyt Paskhas TNI Angkatan Udara. Tak hanya dalam pertempuran jarak dekat, tetapi juga dalam penggunaan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Tujuan utama dari latihan Trisula Perkasa ini adalah untuk melatih kemampuan para prajurit Paskhas TNI AU dengan menggunakan alutsista yang kita miliki. Disisi lain, latihan ini adalah untuk memelihara kemampuan prajurit Pasukan Khas TNI AU dengan alusista-alusista yang dimiliki Paskhas TNI AU," ujar Dankorpspaskhas.

Paskhas TNI AU (Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Marsda TNI Eris Widodo mengaku puas melihat kemampuan para prajurit Korps Paskhas dalam latihan tersebut. Selain sesuai dengan skenario yang telah ditetapkan, latihan puncak Trisula Perkasa 2021 ini juga merupakan persiapan untuk latihan puncak TNI Angkatan Udara Angkasa Yudha.

"Kita lihat latihan tadi cukup baik dan memuaskan. Berjalan sesuai dengan rencana yang telah dipersiapkan. Oleh karena itu, kita juga persiapan untuk latihan tingkat berikutnya, latihan Angkasa Yudha," kata Dankorpspaskhas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya