KSAL Resmikan Gedung Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Yudo Margono
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono hari ini meresmikan renovasi gedung Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (AMAN JAYA) yang berlokasi di Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di lingkungan TNI Angkatan Laut itu menandatangani prasasti peresmian gedung Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya. Setelah itu, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yang didampingi oleh pengurus Yayasan Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya berkeliling ke ruang kelas yang sudah selesai tahap renovasi.

Dalam sambutannya, Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan, rencana renovasi kampus Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya itu sebenarnya sudah lama disampaikan oleh para pengurus Yayasan AMAN JAYA kepada dirinya. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Bahkan, kata Kasal, salah satu pejabat Kampus Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya pernah meminta ijin kepada dirinya untuk menitipkan para siswanya untuk belajar di Komando Latihan (Kolat) Koarmada I karena kondisi gedung rusak dan hampir roboh.

"Sehingga waktu itu saya ACC. Silahkan saja di Kolat sampai dengan gedung ini dibangun dengan baik. Alhamdulillah tadi saya juga kaget, gedung yang tadinya hampir ambruk, kini sudah disulap menjadi bagus," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, Jum'at, 1 Oktober 2021.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dia menambahkan, gedung baru itu diharapkan dapat segera digunakan untuk proses belajar mengajar kembali bagi para siswa Akademi Maritim. Mantan Pangkogabwilhan I itu juga berharap, dengan selesainya sarana pendidikan di Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya itu dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para siswa pada masa mendatang.

Lebih jauh dia menjelaskan, Akademi Maritim dibangun tidak hanya untuk mencetak prajurit TNI Angkatan Laut saja. Sebab, lulusan Akademi Maritim dapat berkiprah di kapal niaga yang jumlahnya saat ini masih sangat minim.

"Yayasan ini memang yayasan Nala di bawah pembinaan TNI AL. Namun pelajar di sini bukan hanya putra-putri Angkatan Laut. Tapi masyarakat umum bisa masuk ke sini," kata Kasal.

"Karena mereka selain bisa jadi TNI Angkatan Laut, juga bisa menjadi pengawak kapal swasta. Kapal niaga yang saat ini masih minim para pelaut kita. Para pelaut ini mereka nanti bisa bersaing dengan pemuda luar negeri yang bisa mengawaki kapal niaga juga," tambahnya.

Untuk diketahui, sejumlah pejabat tinggi Mabesal turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Asrena Kasal Abdul Rasyid Kacong,  Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono dan Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya