Pesan Mayjen TNI Agus ke 50 Prajurit yang Latihan Militer di Singapura

VIVA Militer: Mayjen TNI Agus Subiyanto
Sumber :
  • Instagram/@ppid.paspampres

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat kembali memberangkatkan 50 prajurit pilihan untuk ikut dalam kegiatan latihan bersama militer Singapura atau Singapore Army.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Keberangkatan 50 prajurit tempur TNI Angkatan Darat yang berasal dari satuan Batalyon Infanteri (Yonif) 310/Kidang Kancana, Brigif 15/Kujang II, Kodam III/Siliwangi itu dilepas secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa pada hari Kamis kemarin, 28 Oktober 2021 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad).

Sebelum dilepas oleh Jenderal TNI Andika Perkasa, 50 prajurit tempur TNI Angkatan Darat yang berada di bawah komando Kodam III/Siliwangi itu sempat mendapatkan pengarahan dari Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto di Makodam III/Siliwangi, Jawa Barat.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Dalam kesempatan itu, Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto mengucapkan selamat kepada 50 prajurit Yonif 310/KK, Brigif 15/Kujang II yang mendapatkan penghargaan untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) Safkar Indopura ke-33 Tahun 2021 yang akan diselenggarakan hingga tanggal 18 November mendatang di Negeri Singa itu.

Mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) tahun 2020-2021 itu mengatakan, kegiatan latihan bersama antara TNI Angkatan Darat dengan Singapore Army merupakan sebuah misi penting dari Komando Atas kepada jajaran TNI di bawahnya. Sehingga, bagi prajurit TNI, merupakan sebuah kehormatan besar jika mendapatkan penugasan untuk ikut dalam latihan bersama dengan militer luar negeri bersama Angkatan Darat Singapura tersebut.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

"Latihan ini merupakan penghargaan dari Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Yonif 310/KK, sebagai Duta TNI AD yang dinilai berhasil selama melaksanakan tugas operasi di wilayah Papua," kata Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Jenderal Bintang Dua TNI Angkatan Darat yang pernah menjabat sebagai Danrem 061/Surya Kencana itu menjelaskan, Latma Safkar Indopura ke-33 merupakan latihan militer yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Darat dan Singpore Army secara bergantian. Menurutnya, tujuan dilakukannya latihan itu selain untuk memajukan profesionalisme prajurit kedua Angkatan Darat, juga sebagai wahana untuk membangun hubungan yang kuat antara TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Singapura.

VIVA Militer: Pangdam Siliwangi lepas prajurit Yonif 310/KK latihan di Singapura

Photo :
  • Pendam III/Siliwangi

Lebih jauh lagi dia katakan, adapun materi yang akan dilaksanakan selama latihan bersama di Singapura diantaranya adalah Pertempuran Kota, Cultural Exchange Performance, serta peningkatan keterampilan Bahas Inggris khususnya bagi prajurit TNI AD.

"Untuk itu bangun hubungan person to person yang kuat sekaligus tumbuhkan sikap saling percaya dan saling menghargai dengan prajurit-prajurit Siingapore Army," ujar Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Selain itu, dia juga berpesan kepada seluruh personel TNI Angkatan Darat dibawah yang dipimpin oleh Danyonif 310/KK, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo agar dapat menjaga keamanan personel dan materil setiap melakukan Pergeseran Pasukan (Serpas) dalam pelaksanaan latihan dan kembali ke Basecamp, dengan tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19 selama berada di medan latihan.

"Junjung tinggi kehormatan Satuan, Kodam III/Siliwangi, dan kehormatan TNI Angkatan Darat dengan cara patuhi segala ketentuan dan peraturan yang berlaku selama berada di luar negeri. Tetap semangat, tingkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai," kata Pangdam III/Siliwangi.

Baca: Prajurit yang Dikirim KSAD ke Singapura Anak Buah Mantan Danpaspampres

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya