Mayjen TNI Nyoman Cantiasa: Prajurit di Papua Bukan Buangan!

VIVA Militer: Pangdam XVIII/Kasuri, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa
VIVA Militer: Pangdam XVIII/Kasuri, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa
Sumber :
  • kasuari18-tniad.mil.id

VIVA – Sebuah pernyataan tegas terlontar dari Panglima Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari (Pangdam XVIII/Kasuari), Mayor Jenderal (Mayjen) TNI I Nyoman Cantiasa, terkait pandangan bahwa prajurit TNI yang berdinas di Papua adalah prajurit buangan.

Dilansir VIVA Militer dari situs resmi Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari (Kodam XVIII/Kasuari), Nyoman menyampaikan statement tersebut saat memimpin prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat Kodam XVIII/Kasuari, di Aula Markas Kodam (Makodam) XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat, Senin 6 Desember 2021.

Saat memberikan amanatnya kepada para pejabat baru Kodam XVIII/Kasuari, lulusan terbaik Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1990 itu memastikan bahwa seluruh prajurit TNI Angkatan Darat yang mendapat tugas di Papua adalah yang terbaik.

Nyoman menyanggah keras anggapan bahwa prajurit TNI Angkatan Darat yang berdinas di Papua adalah prajurit buangan. Selain itu, Pangdam XVIII/Kasuari juga mengingatkan bahwa kepercayaan yang diberikan adalah sebuah amanah dari Tuhan dan pimpinan yang harus dijaga.

"Amanah ini dari Tuhan, pimpinan dan kita semua, karena kita dipercayai pada jabatan tersebut. Penempatan jabatan di Kodam XVIII/Kasuari adalah orang-orang pilihan yang diperhitungkan hebat," tegas Nyoman.

VIVA Militer: Sertijab jajaran Kodam XVIII/Kasuari

VIVA Militer: Sertijab jajaran Kodam XVIII/Kasuari

Photo :
  • kasuari18-tniad.mil.id

"Jangan menganggap kita adalah orang-orang buangan. Justru sebaliknya, kita yang diharapkan mampu menyelesaikan semua persoalan didepan," ujar jenderal bintang dua yang pernah menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu.