Kostrad Gelar Syukuran HUT ke-61, Jenderal Tarub Muncul Bersama Maruli

VIVA Militer: Pangkostrad gelar syukuran peringati HUT Kostrad ke-61
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hari ini memimpin syukuran peringatan HUT Kostrad ke-61 yang dilaksanakan secara serentak dan sederhana melalui Video Conference yang diikuti oleh seluruh jajaran Divif 1, 2 dan 3 Kostrad. 

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Puncak HUT Kostrad ke-61 yang dipusatkan di serambi kehormatan, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat itu diawali dengan pemutaran video lintas sejarah perjalanan satuan Komando Utama TNI Angkatan Darat, Kostrad. 

Yang lebih istimewa lagi adalah, sejumlah sesepuh Kostrad turut hadir dalam acara tersebut. Salah satunya adalah, Letnan Jenderal (Purn) Tarub. 

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Untuk diketahui, Letjen TNI (Purn) Tarub bukanlah orang sembarangan dikalangan militer Angkatan Darat. Dia adalah salah satu orang yang memiliki kontribusi besar terhadap satuan tempur Kostrad. Dia merupakan salah satu jenderal senior Kostrad TNI Angkatan Darat yang pernah dibesarkan oleh satuan Korps Baret Merah Kopassus. Dan dia pernah menjabat sebagai Panglima Kostrad ke-19 pada tahun 1994-1995. 

Dalam kesempatan itu, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak mengucapkan selamat datang kepada para sesepuh mantan Pangkostrad yang sudah hadir dalam kegiatan syukuran Peringatan HUT ke-61 Kostrad tahun ini. 

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

VIVA Militer: Pangkostrad ke-19 Letjen TNI (Purn) Tarub hadiri HUT Kostrad ke-61

Photo :
  • Penkostrad

Dia menjelaskan, HUT Kostrad tahun ini mengusung tema besar, yaitu "Berjuang, Tangguh, dan Profesional.

“Tema ini secara tidak langsung merefleksikan niat, tekad dan semangat seluruh prajurit Kostrad untuk berbuat dan bekerja dengan lebih keras, lebih cerdas dilandasi dengan keikhlasan sehingga prajurit Kostrad menjadi semakin jaya, semakin besar dan semakin profesional dalam melaksanakan tugas pokok, serta setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dalam keterangan resminya, Senin, 7 Maret 2022.

Sementara itu, mewakili sesepuh, mantan Pangkostrad ke-19 Letnan Jenderal TNI (Purn) Tarub menyampaikan rasa bangganya kepada satuan tempur Kostrad. Menurut Letjen TNI (Purn) Tarub, perkembangan Kostrad saat ini sangat luar biasa. 

"Saya bangga pernah menjadi anggota Kostrad dan masih bisa berkumpul dengan prajurit Kostrad. Prajurit Kostrad agar tetap semangat dalam pengabdian dan selalu setia kepada negara dan bangsa. Selamat Hari ulang tahun Kostrad. Saya bangga kepada prajurit Kostrad," kata Pangkostrad ke-19, Letjen TNI (Purn) Tarub.

Untuk diketahui, kegiatan syukuran HUT Kostrad ke-61 tahun itu digelar untuk mengenang kembali sejarah perjuangan Kostrad, sekaligus menanamkan semangat dan kebanggaan sebagai prajurit Kostrad dan menggugah prajurit Kostrad agar tidak melupakan jati dirinya sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Dalam kesempatan itu, Pangkostrad memimpin prosesi pemotongan tumpeng dan diberikan kepada Prajurit Kostrad yang berprestasi. 

Selain itu, dalam momentum berbahagia itu, Pangkostrad Letjen TNI Maruli juga sempat berdialog dengan satuan jajaran Kostrad yang turut hadir melalui secara virtual yang saat ini sedang melaksanakan tugas di dalam maupun di luar negeri. 

Tidak hanya itu, Pangkostrad juga sempat berkomunikasi dengan masyarakat yang menerima manfaat dari program karya bakti dan bakti sosial yang digelar oleh Kostrad dan jajarannya selama ini.

Untuk diketahui, rangkaian peringatan HUT Kostrad tahun ini digelar dengan melaksanakan beberapa kegiatan secara serentak di seluruh jajaran Kostrad. Diantaranya pembuatan sumur bor/pipanisasi air bersih untuk warga, memperbaiki Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Purnawirawan/Warakawuri, Karya Bakti Pembersihan fasilitas umum dan tempat ibadah. 

Selain itu, jajaran Kostrad di seluruh Indonesia juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa donor darah, serbuan vaksinasi, pembagian Sembako, pemberian tali asih kepada prajurit Kostrad yang sakit, purnawirawan/pensiunan, pejuang yang berjasa besar bagi Kostrad dan tenaga kesehatan, hingga pemberian santunan bagi para Warakawuri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya