Innalillahi, Kopda Jarot Gugur Saat Jalankan Misi Perdamaian di Kongo

VIVA Militer: Almarhum Kopda Jarot Budi Utomo
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Innalillahi waa innailaihi raji'un. Berita duka cita kembali menyelimuti tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Kopda Jarot Budi Utomo salah satu personel Satgas Kizi XX-S/MONUSCO yang berasal dari Satuan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 9/ Satya Dharma Kala (SDK) Kodam Jaya meninggal dunia ketika menjalankan misi bersama pasukan perdamaian PBB di wilayah Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu, 1 Mei 2022 lalu. 

Kopda Jarot meninggal dunia karena sakit. Dia menghembuskan nafas terakhirnya setelah mendapatkan perawatan secara intensif di Rumah Sakit Aga Khan University, Nairobi, Kenya. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kopda Jarot adalah salah satu personel Satgas Kizi XX-S/MONUSCO 2022 yang rencananya bertugas di Republik Demokratik Kongo selama satu tahun sebagai Duta Perdamaian Dunia bersama PBB.

Jenazah Kopda Jarot Tiba di Indonesia

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Minggu, 8 Mei 2022, jenazah almarhum Kopda Jarot Budi Utomo pada hari Sabtu, 7 Mei 2022 kemarin telah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Upacara penerimaan jenazah dilaksanakan secara militer dipimpin langsung oleh Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Marsda TNI Benedictus Benny K.

Setelah tiba di Bandara Soekarno Hatta, jenazah almarhum Kopda Jarot langsung dibawa ke Markas Komando Batalyon Kavaleri (Yonkav) 9/Satya Dharma Kala (SDK) Kodam Jaya untuk kemudian dilakukan prosesi penyerahan Almarhum dari pihak keluarga kepada negara dan pelepasan oleh Satuan Yonkav-9/SDK sebagai penghormatan terakhir kepada Kopda Jarot yang gugur dalam tugas negara.

Untuk diketahui, sebelumnya jenazah almarhum Kopda Jarot telah diterbangkan dan dilepas langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Nairobi Mohamad Heri Saripudin pada hari Jum'at, 6 Mei 2022 lalu.

"Selamat jalan Kontingen Garuda-ku. Usai sudah janji bakti."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya