Akhirnya Pasukan Petir TNI Pemukul Kodam Mulawarman Gerak Masuk Papua

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 600/Modang menuju Papua.
Sumber :
  • Kodam VI/Mulawarman

VIVA – Akhirnya pasukan petir Tentara Nasional Indonesia (TNI) milik Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman, bergerak masuk ke belantara Papua.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Pasukan petir berstatus pemukul Kodam VI/MLW, dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 600/Modang telah bergerak menuju Papua melalui jalur laut.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kodam VI/Mulawarman dilansir VIVA Militer, Selasa 17 Mei 2022, ratusan pasukan tempur Raider itu diberangkatkan melalui Pelabuhan Semayang, Balikpapan dengan menumpangi Kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI Tanjung Kambani 971.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Menurut Panglima Kodam VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso, di Papua nanti pasukan Yonif Raider 600/Modang akan tergabung dalam Satuan Tugas Satuan Organik Kodam Papua.

Pasukan ini akan melaksanakan Operasi Teritorial membantu Komando Distrik Militer (Kodim) dan Koramil di Papua, guna menciptakan ketentraman dan rasa aman di masyarakat setempat.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 600/Modang menuju Papua.

Photo :
  • Kodam VI/Mulawarman

"Saya berharap kepada seluruh Prajurit, agar penugasan ini dapat disikapi secara arif dan bijaksana, bahwa tugas ini adalah tugas negara yang menuntut totalitas dalam pelaksanaannya guna menjaga stabilitas keamanan di wilayah Papua," kata Mayjen TNI Teguh.

Yonif Raider 600/Modang akan bertugas kurang lebih selama sembilan bulan ke depan. "Kepada seluruh personel yang akan melaksanakan tugas agar benar-benar menguasai kemampuan tehnis dan taktis dalam menghadapi persoalan di daerah penugasan Papua. Dihadapkan pada perkembangan situasi di wilayah yang memiliki kompleksitas dan dinamika yang cukup tinggi tersebut, dituntut kesiapsiagaan dan kewaspadaan yang tinggi pula dari seluruh prajurit Satgas Yonif Raider 600/Modang," ujar Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso.

Perlu diketahui, Yonif Raider 600/Modang bukan batalyon tempur sembarangan. Batalyon ini merupakan pasukan elite infanteri yang pernah berstatus sebagai pasukan lintas udara. Batalyon ini sangat dikenal dengan semboyan 'Pantang Menyerah Sampai Titik Darah Penghabisan'.

Jika berkaca dari perannya, pasukan penyandang lambang sangkur mata dua berkilatan petir itu memiliki kemampuan untuk tugas anti-gerilya, anti-teror, sabotase, intelijen, pembebasan sandera dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya