KSAD Dudung ke Para Komandan Satuan: Jadi Pemimpin Harus Berani !

VIVA Militer: Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini memimpin Apel Komandan Satuan (AKS) TNI Angkatan Darat Tahun 2022 di Gedung Lily Rochly Akademi Militer Magelang.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Apel besar-besaran yang digelar selama dua hari (23-24 Juni 2022) dan diikuti oleh 747 peserta para komandan satuan, seperti Danrem, Dandim, Aster Kotama dan Balakpus, Dansat, Dan Lemdik, serta calon Dansat ini mengusung tema “Melalui Apel Komandan Satuan TNI AD TA 2022, Kita Wujudkan Unsur Pimpinan yang Berkarakter, Inovatif, dan Responsif dalam Rangka Membentuk Prajurit TNI AD yang Profesional”. 

Di hadapan ratusan Komandan Satuan TNI AD, Jenderal Dudung Abdurachman menyampaikan, bahwa sebagai Komandan Satuan harus berani mengambil peran sebagai pemimpin yang memiliki kapabilitas dan karakter sehingga dapat menjawab tantangan di era perubahan saat ini.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

“Pemimpin itu adalah peran, untuk menjawab tantangan saat ini maka kita harus berperan menjadi seorang pemimpin yang memberikan dampak positif bagi satuan, anak buah dan masyarakat,” kata Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Kamis, 23 Juni 2022.

Selain itu, jenderal bintang empat TNI Angkatan Darat itu juga menekankan kepada seluruh prajurit TNI AD dalam pelaksanaan tugas, pertama harus memiliki naluri intelijen dan pengamanan. Kedua, menguasai medan operasi, tipologi wilayah, serta karakteristik kemampuan lawan. 

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Ketiga, lanjut Kasad, lakukan revisi terhadap doktrin yang disesuaikan dengan kondisi-kondisi saat ini. Keempat, lakukan pembinaan dan pengembangan personel untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi. Kelima, seluruh prajurit TNI AD harus membantu menyukseskan program Pemerintah terutama tentang pangan, menurunkan angka kemiskinan dan menyejahterakan petani.

Selanjutnya Kasad juga menyampaikan kebijakan-kebijakan TNI AD, seperti  melakukan pemenuhan kebutuhan operasi khususnya perlengkapan perorangan, senjata, transportasi dan kebutuhan operasi lainnya, serta upaya meningkatkan kesejahteraan prajurit serta keluarganya, seperti pengadaan susu serdadu yang diberikan secara periodik, pengadaan perumahan bagi prajurit, dan lain-lain.

Terakhir, Jenderal Dudung juga menekankan agar para Komandan Satuan memiliki kepekaan terhadap kondisi prajuritnya, karena prajurit TNI AD merupakan aset yang harus dibina dan dikembangkan untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.

“Untuk itu, kalian harus berani dalam mengambil keputusan dan jangan takut akan kegagalan,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Apel Komandan Satuan (AKS) yang digelar selama dua hari itu, Jenderal TNI Dudung juga mengundang beberapa narasumber untuk memberikan pembekalan kepada seluruh Komandan Satuan di wilayah tugas masing-masing. Adapun narasumber yang dihadirkan, diantaranya adalah, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam RI) Moh. Mahmud MD, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian, Kepala BNPT Komjen. Pol. Boy Rafli Amar dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya