Ini Sosok Jenderal TNI Pengganti Richard Tampubolon di Kodam Pattimura

VIVA Militer: Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa resmi jadi Pangdam Pattimura
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat.

Dahsyaaat.. Pasukan Tengkorak Borong 5 Gelar Juara, Raja Aibon Jadi Komandan Terbaik Kostrad TNI

Salah satu jabatan yang diserahterimakan adalah Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura dari Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon kepada Mayjen TNI Ruruh Aries Setyawibawa. 

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Mayjen TNI Richard Tampubolon saat ini dipercaya oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menduduki jabatan barunya sebagai Irjenad menggantikan Letjen TNI Rudianto. Dengan demikian, dalam waktu dekat ini, Mayjen TNI Richard Tampubolon akan naik pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal Bintang Tiga TNI AD atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI Angkatan Darat.

Top News: 5 Negara dengan Militer Terkuat, Pangdam XIII/Merdeka Rotasi 3 Pati dan 5 Pamen

Lalu, siapa sosok pengganti Mayjen TNI Richard Tampubolon yang akan memegang tongkat komando di Kodam XVI/Pattimura?

Posisi Pangdam Pattimura pengganti Mayjen TNI Richard Tampubolon adalah Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa.

Rudal Milisi Bayaran Iran Gempur Kota Terbesar Ketiga Israel

Mayjen Ruruh Aries Setyawibawa adalah Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1988. 

Pria kelahiran Pati, Jawa Tengah, 5 Oktober 1965 itu dibesarkan dari kecabangan Korps Pertahanan Angkatan Udara (Arhanud).

Dia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI Angkatan Darat dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Mayjen TNI Ruruh pernah menjabat Komandan Kodim 0101/Aceh Besar pada tahun 2005—2007. Kemudian,
Komandan Korem 012/Teuku Umar pada tahun 2015—2016. 

Usai memegang tongkat Komando di Korem 102/Teuku Umar di wilayah Aceh Barat, pada tahun 2016 Mayjen TNI Ruruh dipercaya memegang jabatan Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Aceh.

Pada tahun 2017, dia kembali dipercaya menjabat Kabinda Sumatera Utara hingga tahun 2021.

Terakhir, dia menduduki jabatan Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN pada tahun 2021-2022. Dan hari ini, jenderal bintang dua TNI Angkatan Darat itu kembali mendapatkan kepercayaan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menggantikan Mayjen TNI Richard H. Tampubolon sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya