Pangkoarmada RI Mendadak ke Laut Natuna Utara, Ada Apa?

VIVA Militer: Pangkoarmada RI Laksdya TNI Abdul Rasyid ke Laut Natuna
Sumber :
  • Dispen Koarmada RI

VIVA – Panglima Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Abdul Rasyid hari ini mendadak terjun ke wilayah Laut Natuna, Kepulauan Riau.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Kedatangan Laksamana bintang tiga TNI Angkatan Laut itu sengaja dilakukan untuk memeriksa kesiapan unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang tengah beroperasi di Laut Natuna Utara.

Dalam waktu yang sama, Pangkoarmada RI itu juga menyempatkan diri melakukan kunjungan kerja ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ranai, sekaligus meninjau secara langsung perkembangan proses pembangunan Mako Gugus Tempur Laut (Guspurla) I, Koarmada I, di Selat Lampa, Natuna. 

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, beberapa hari yang lalu Pangkoarmada RI Laksdya TNI Abdul Rasyid juga melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke perairan Aceh dan Sabang dan meninjau secara langsung kesiapan relokasi Gugus keamanan Laut (Guskamla) I, Koarmada I dari Batam ke Sabang.

Di Laut Natuna, mantan Asrena Kasal itu memeriksa langsung kesiapan unsur pada KRI Bontang-907 dan KRI Cut Nyak Dien-375 yang saat ini tengah melaksanakan patroli rutin di Laut Natuna Utara. Pemeriksaan tersebut dilakukan Pangkoarmada RI untuk memastikan bahwa unsur KRI yang tengah bertugas di perairan Laut Natuna Utara tetap selalu dalam keadaan siap siaga.

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

Pangkoarmada RI Laksdya TNI Abdul Rasyid mengatakan, wilayah Laut Natuna Utara yang terhubung langsung dengan Laut China Selatan saat ini sering menjadi topik perdebatan dunia internasional.

Dengan demikian, lanjut Pangkoarmada RI, untuk menjaga keamanan laut di wilayah perairan Indonesia, maka kekuatan TNI Angkatan Laut harus selalu siap dioperasionalkan, sehingga mampu menjaga stabilitas keamanan laut nasional khususnya di Laut Natuna Utara. 

“Kesiapan unsur KRI yang tengah beroperasi di perairan Laut Natuna harus benar-benar keadaan siap siaga dalam semua aspek," kata Pangkoarmada RI Laksdya TNI Abdul Rasyid K. dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 15 Juli 2022 malam.

“Lanal Ranai yang merupakan pangkalan terdekat turut bertanggung jawab secara maksimal dalam mendukung tugas yang diemban baik Guspurla Koarmada I ataupun unsur-unsur lain yang mendapatkan tugas pengamanan di Laut Natuna," tambahnya.

Selama melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Laut Natuna Utara dan Lanal Ranai, sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut terlihat turut mendampingi Laksdya TNI Abdul Rasyid K. Diantaranya adalah, Laksamana Pertama TNI Teguh Prasetya, Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada I, Laksamana Pertama TNI H. Krisno Utomo, Komandan Lantamal IV Tanjung Pinang, Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani dan Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arief Prasetyo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya