KM. Ciremai Terbakar di Teluk Jakarta, TNI AL Gerak Cepat Padamkan Api

VIVA Militer: TNI AL padamkan api yang membakar KM. Ciremai di Teluk Jakarta
Sumber :
  • Dispen Koarmada I

VIVA – Sebuah Kapal KM. Ciremai yang baru selesai turun docking mengalami kebakaran di wilayah perairan Teluk Jakarta, Kamis, 28 Juli 2022. Prajurit TNI Angkatan Laut bergerak cepat membantu padamkan api yang sempat membakar beberapa bagian kapal KM. Ciremai tersebut.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Kadispen Koarmada I Kolonel Laut (P) Laode Muhammad mengatakan, kabar terbakarnya KM. Ciremai yang tengah lego jangkar di Teluk Jakarta itu diketahui dari panggilan darurat Radio Komunikasi ke VTS Tanjung Priok.

Setelah TNI Angkatan Laut mendapatkan kabar tersebut dari radio panggil, lanjut Kolonel Laode, Tim F1QR Lantamal III, Koarmada I langsung bergerak menuju titik koordinat lokasi KM. Ciremai lego jangkar di wilayah Teluk Jakarta untuk membantu proses pemadaman api yang membakar sejumlah bagian di dalam kapal.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Kebakaran di dalam kapal KM. Ciremai akhirnya berhasil dipadamkan oleh Tug Boat dari Pelindo, dibantu Tug Boat TNI AL TD. Galunggung, TD. Malabar serta 2 Searider F1QR Lantamal III Jakarta," kata Kadispen Koarmada I Kolonel Laut (P) Laode Muhammad dalam keterangan resminya kepada VIVA Militer, Kamis, 28 Juli 2022.

"Respon yang sangat cepat tersebut berhasil memadamkan api dan tidak sempat menyebar serta meminimalisir keruagian materil akibat kebakaran tersebut," tambahnya.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Sementara itu, Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah selaku pelaksana pembinaan dan operasional atas jajaran Koarmada I dibawah Koarmada RI menegaskan bahwa kesiapan prajurit Koarmada I dan jajarannya selain dalam rangka penegakkan kedaulatan dan hukum di laut, juga untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna laut termasuk kegiatan pertolongan dan penyelamatan dari musibah di laut. 

"Upaya penyelamatan ini sebagai implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan dan melibatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun alutsista untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR," kata Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah.

VIVA Militer: Rumah dinas bagus Pasukan Tengkorak Kostrad.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Apa yang terjadi sebenarnya?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024