Ada Eks Komandan Pasukan Malaikat Pencabut Nyawa Marinir TNI di SGS

VIVA Militer: Pasukan elite Korps Marinir (Yontaifib).
Sumber :
  • Penerangan Korps Marinir

VIVA – Dalam beberapa hari lagi, latihan gabungan militer beberapa negara berjuluk Super Garuda Shield 2022 akan dilangsungkan di hutan dan perairan sekitar Pulau Sumatera.

Beda Pendapat, Perpecahan Tercium di Kabinet Pemerintahan Netanyahu

Super Garuda Shield 2022 berbeda jauh dengan kegiatan sama yang pernah digelar tahun-tahun sebelumnya. Sebab, kali ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) tak cuma mengerahkan prajurit TNI Angkatan Darat saja. Tapi prajurit dari TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

Berdasarkan pantauan VIVA Militer, Senin 1 Agustus 2022, prajurit TNI dari angkatan darat sudah bergerak  dan banyak yang sudah tiba di lokasi SGS 2022 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Baturaja, Sumatera Selatan.

Kapal Perang Turki Masuk Teluk Jakarta, Prajurit Hiu Perkasa Marinir TNI AL Lakukan Pengawalan Ketat

VIVA Militer: Pasukan Marinir ke Super Garuda Shield 2022

Photo :
  • Penerangan Korps Marinir

Enggak cuma itu saja, prajurit TNI dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut juga telah bergerak menuju pusat latihan SGS 2022 di Dabo Singkep, Kepulauan Riau.

Jadi Jenderal Bintang Dua Kowad Pertama di Indonesia, Mayjen TNI Dian Andriani Angkat Bicara

Sebanyak satu kompi yang terdiri dari 198 prajurit baret ungu berikut alutsista tempur Marinir seperti BMP-3 dan LVT-7 telah diberangkatkan dari Brigade Infanteri (Brigif) 1 Marinir dengan kapal perang TNI Angkatan Laut.

Nah yang menarik perhatian adalah, ternyata pasukan hantu laut Marinir yang dikerahkan ke SGS 2022 ini dipimpin oleh seorang perwira yang memiliki pengalaman sebagai Pasukan Khusus Marinir TNI. Mau tahu siapakah dia?.

VIVA Militer: Letkol Marinir Sri Utomo.

Photo :
  • Penerangan Korps Marinir

Jadi pasukan Marinir yang bergerak menuju Dabo Singkep dipimpin Letnan Kolonel Marinir Sri Utomo sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas). Beliau saat ini merupakan pemegang tongkat komando Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 2 Marinir.

Sebelum menjabat Danyonif, perwira kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah ini bertugas di Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) Marinir. Bahkan dia dipercaya menjadi Komadan Yontaifib 2 Marinir ke-25.

Beliau dipercaya menjadi pasukan khusus berjuluk Malaikat Pencabut Nyawa (Maya Netra Jayadipati) itu menggantikan Letkol Mar Joko Fitrianto yang pindah tugas jadi Pabandya Ops Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI.

VIVA Militer: Letkol Marinir Sri Utomo.

Photo :
  • Penerangan Korps Marinir

Alumni Akademi Angkatan Laut (2002) ini merupakan perwira TNI Angkatan Laut yang pernah menjadi Komandan Kompi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional dalam upacara HUT RI ke68 di Istana Merdeka.

Saat dihubungi VIVA Militer beberapa hari lalu, Letkol Mar Sri Utoma mengatakan bahwa dalam SGS 2022 di Dabo Singkep, pasukan Marinir akan berduet dengan pasukan Marinir militer Amerika  Serikat, United States Marine Corps (USMC).

Baca: Mayor Penjaga Nyawa Presiden Jokowi Melesat Jadi Komandan Pasukan Setan TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya