TNI AL Akan Kibarkan Bendera Merah Putih Bawah Laut di 77 Titik

Pengibaran bendera merah putih di bawah laut Raja Ampat
Sumber :
  • Dokumen Polri

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk menyemarakkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 bersama masyarakat. 

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Tidak hanya itu, rencananya TNI Angkatan Laut akan melakukan upacara Bendera Merah Putih di bawah laut di 77 lokasi berbeda pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

Pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah laut itu rencananya akan dipusatkan di Pulau Putri, Kepuluan Seribu yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili  Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. 

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Julius Widjojono mengatakan, sebanyak 886 penyelam dari Prajurit TNI Angkatan Laut, TNI & POLRI, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, Klub selam, awak media dan masyarakat serentak akan berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah laut tersebut, upacara bendera itu dilakukan sekaligus untuk memecahkan rekor MURI. 

Nantinya, para penyelam akan membawa bendera pada kedalaman kurang lebih 10 meter dengan susunan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara serta pengucapan Dirgahayu RI dari bawah laut. 

Mabes TNI Mulai Bahas Strategi dan Taktik Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT WWF Bali

"Momen pengibaran bendera di bawah laut ini untuk menunjukkan luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan didalamnya harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote yang menjadi bukti kejayaan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia," kata Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono dalam keterangan resminya, Senin, 15 Agustus 2022.

Kegiatan ini, kata Kadispenal, juga menegaskan, bahwa prajurit Jalasena Samudera TNI Angkatan Laut adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan, dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia. 

Bea Cukai gagalkan penyelundupan ballpress

Bea Cukai dan TNI Gagalkan Penyelundupan Ballpress di Jalur Tikus Perbatasan Indonesia-Malaysia

Ada 5 ballpress berisi pakaian bekas siap didistribusikan yang ditindak. Saat ini seluruhnya telah diserahterimakan kepada Bea Cukai Nunukan untuk proses lebih lanjut.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024