Kibarkan 77 Bendera Merah Putih di Bawah Laut, TNI AL Cetak Rekor MURI

VIVA Militer: TNI AL Pecahkan Rekor MURI kibarkan bendera Merah Putih di 77 Spot
VIVA Militer: TNI AL Pecahkan Rekor MURI kibarkan bendera Merah Putih di 77 Spot
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar TNI Angkatan Laut (TNI AL) di 77 spot atau titik secara serentak di seluruh Indonesia berhasil cetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Rekor MURI kenaikan Bendera Merah Putih terbanyak secara serentak di bawah laut terbanyak dunia di 77 titik dari Sabang sampai Merauke dari Pulau Dana Rote hingga Pulau Miangas itu diserahkan oleh Awan Raharjo selaku perwakilan dari MURI kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono yang mewakili KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di Pulau Putri, Kepulauan Seribu, Rabu, 17 Agustus 2022.

Prosesi  Pengibaran bendera diawali penyerahan bendera dari Danpasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto selaku ketua panitia  kepada pengerek bendera dari Taifib yang menyelam bersama Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono di dasar laut.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim dengan memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa pada hari ini Rabu 17 Agustus 2022 Kibarkan Sang Merah Putih secara serentak di 77 titik kelautan nusantara, saya ulangi kibarkan sang merah Putih secara serentak di 77 titik di dasar lautan nusantara!" Kata Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono ketika membaca Taklimat Pengibaran Sang Merah Putih kepada jajaran prajurit TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia sebelum memulai pengibaran bendera secara serentak.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” ini melibatkan sebanyak 888 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI dan Polri, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, awak media dan masyarakat ikut berpartisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini.

Wakasal saat penyelaman didampingi Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto sekaligus menyapa para penyelam melalui video conference diantaranya Komandan Lantamal X Jayapura, Satgasmar Ambalat di Pantai Sebatik, Komandan Lanal Pulau Rote, Kadispotmaral di Pulau Payung, Komandan Lanal Sabang, dan Komandan Lantamal XI Merauke.

VIVA Militer: Prajurit TNI AL usai kibarkan bendera Merah Putih di Pulau Putri

VIVA Militer: Prajurit TNI AL usai kibarkan bendera Merah Putih di Pulau Putri

Photo :
  • Dispenal

Para penyelam yang berpartisipasi dalam penyelaman setelah melalui cek kesehatan dan juga memiliki kualifikasi sebagai penyelam. Para penyelam yang berjumlah kurang lebih 17 orang pada tiap lokasi membawa bendera pada kedalaman sekitar 10 meter dengan susunan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara serta pengucapan Dirgahayu RI dari bawah laut.

Kegiatan yang dihadiri para pejabat Mabesal itu juga dihadiri oleh pejabat Athase dari negara-negara sahabat yakni Australia, Jepang, Brazil, Pakistan, Jerman, Korea, Tiongkok, Mexico, Canada, Rusia, Singapore, Laos, Kamboja dan Iran.

Sebelumnya, pada Selasa (16/8) kemarin, telah dilaksanakan penyerahan Bendera Merah Putih dan bendera Jalesveva Jayamahe oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono kepada Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto selaku Ketua Panitia di Gedung Utama Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Sementara itu, pada peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI kali ini, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti upacara detik-detik proklamasi di Istana Negara bersama dengan para pejabat negara dengan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo selaku Inspektur Upacara. Begitupula upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI dilaksanakan oleh para prajurit dan PNS di lapangan apel Markas Besar TNI AL dengan Inspektur Upacara Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso.