Gawat, Pesawat Tempur TNI AU Alami Pecah Ban Saat Latihan di Pekanbaru

VIVA Militer: Pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 12 TNI AU
Sumber :
  • Skadron Udara 12 Lanud Rsn Pekanbaru

VIVA – Pesawat tempur TNI Angkatan Udara jenis Hawk 100/200 mengalami musibah pecah ban di runway Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, pada Senin siang, 22 Agustus 2022 kemarin.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Indan Gilang Buldansyah membenarkan insiden pecah ban yang dialami salah satu pesawat tempur andalan TNI Angkatan Udara tersebut.

Menurut Indan, Pesawat Hawk 100/200 milik Skadron Udara 12 Lanud Rusmin Nurjadin Pekanbaru itu mengalami pecah ban bagian kiri belakang pada saat take off dari runway 36 menuju runway 18 dalam sebuah latihan rutin.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

"Akibat insiden tersebut, pesawat tempur tergelincir dan keluar dari runway. Saat ini kondisi pilot dalam kondisi baik, dan sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSAU dr. Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan resminya, Selasa, 23 Agustus 2022.

Lebih jauh Indan menegaskan, incident pecah ban terhadap pesawat tempur Hawk 100/200 itu tidak mengganggu jadwal penerbangan di bandara Sultan Syarif Kasim II. 

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Untuk mencari tahu penyebab kecelakaan tersebut, tim investigasi Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru tengah melakukan penyelidikan terkait pecah ban yang dialami pesawat Hawk 100/200 tersebut.

"Penyebab incident pecah ban, sedang dilakukan pendalaman oleh tim investigasi TNI Angkatan Udara," ujarnya.

VIVA Militer: Prosesi pemakaman militer Prada Diansyah Putra

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Prajurit itu tersambar petir di Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024