Wamenhan Uji Terbang Jet Tempur KF-21 yang Akan Perkuat TNI AU

VIVA Militer: Wamenhan RI hadiri Flight Test Pesawat Tempur KF-21 di Korsel
VIVA Militer: Wamenhan RI hadiri Flight Test Pesawat Tempur KF-21 di Korsel
Sumber :
  • Kemhan RI

VIVA – Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra hari ini melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan untuk menyaksikan secara langsung uji terbang pertama atau flight test dari pesawat tempur KF-21 Boramae.

Dalam kesempatan itu, Wamenhan RI M. Herindra menegaskan, Pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan pengembangan pesawat tempur KFX/IFX yang kini dilabeli KF-21 Boramae.

"Indonesia tetap berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan program pengembangan bersama pesawat tempur yang bekerja sama dengan Korea Selatan itu," kata Wamenhan M Herindra saat menghadiri "Ceremony of Celebration of KFX/IFX" di Sacheon Air Base, Korea Selatan dalam keterangan resminya, Rabu, 28 September 2022.

Mantan Kasum TNI itu mengatakan, keberhasilan "flight test" dari KF-21 Boramae merupakan bentuk nyata keberhasilan pengembangan pesawat tempur hasil kerja sama dua negara sahabat antara Korea Selatan dan Republik Indonesia dan merupakan sebuah progres yang sudah lama ditunggu. 

"Indonesia boleh bersikap optimis bahwa suatu saat kelak KF-21 Boramae akan menjadi bagian dari sistem pertahanan udara Indonesia," kata Herindra dihadapan Menteri Pertahanan Korea Lee Jong-Sup dan Menteri DAPA (Defense Acquisition Program Administration) Eom Dong Hwan.

Untuk diketahui, program kerja sama pembuatan pesawat tempur KFX/IFX ini berjalan cukup panjang, yang diawali dengan penandatangan Letter of Intent (LOI) oleh kedua negara pada tahun 2009. 

Kemudian dalam prosesnya kerja sama ini juga mengalami renegosiasi hingga akhirnya berhasil mencapai kesepakatan yang lebih solid pada November 2021. Kedua pihak telah merumuskan kembali sebuah "joint agreement".