Pangkostrad Pamer Kebun Sayur Atas Gedung ke Komandan Divisi 3 Angkatan Darat Singapura

VIVA Militer: Pangkostrad tunjukan kebun sayur di atas Gedung Makostrad
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak hari ini menerima kunjungan kehormatan salah satu Jenderal Perang Singapura di Makostrad, Jakarta Pusat. Dia adalah 3rd Division Commander atau Komandan Divisi 3 Angkatan Darat Singapura, BG Goh Pei Ming.

Bea Cukai dan TNI Gagalkan Penyelundupan Ballpress di Jalur Tikus Perbatasan Indonesia-Malaysia

3rd Division Commander Angkatan Darat Singapura itu tidak datang sendirian, dia didampingi oleh sejumlah Perwira Angkatan Darat Singapura lainnya, diantaranya adalah, LTC Koh Yingxue Deborah (Division Intelligence Officer), LTC Teo Poh Ming (Division National Service Affairs Officer) dan MAJ Chong Meng Siong, Samuel (Division Plans Officer).

Kedatangan BG Goh Pei Ming dan rombongan di Makostrad pagi tadi langsung disambut dengan upacara militer oleh Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak yang didampingi Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Irkostrad Mayor Jenderal TNI Dian Sundiana, dan sejumlah pejabat utama Kostrad lainnya.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Tidak hanya itu, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dalam kesempatan itu juga sempat memamerkan kebun sayur hidroponik yang dibuat di lantai atas gedung Makostrad kepada 3rd Division Commander Angkatan Darat Singapura dan rombongan. 

Dalam sambutannya, Pangkostrad Letjen TNI Maruli menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangga karena telah dikunjungi 3rd Division Commander AD Singapura bersama rombongan.

Jet Tempur F-16 Singapura Jatuh

Dalam kesempatan tersebut, Pangkostrad Letjen TNI Maruli menjelaskan bahwa Kostrad adalah satuan terbesar di Indonesia, yang memiliki 3 Divisi Infanteri, Divisi Infanteri 1 berada di Cilodong, Divisi Infanteri 2 berada di Singosari, dan Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto.

"Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok saja, kita juga berpartisipasi dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang), seperti membantu program pemerintah seperti saat ini di beberapa wilayah mengalami krisis air bersih, khususnya di wilayah pedalaman. Dalam situasi ini, Kostrad memberikan solusi dengan membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih," kata Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak di Makostrad, Jakarta Pusat, Senin, 10 Oktober 2022.

VIVA Militer: Pangkostrad sambut kedatangan 3rd Division Commander AD Singapura

Photo :
  • Penkostrad

Lebih jauh Pangkostrad memaparkan, bentuk bantuan prajurit Kostrad TNI Angkatan Darat dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Indonesia yang kesulitan air bersih dengan cara menugaskan para prajurit TNI Angkatan Darat di lapangan untuk membangun titik-titik sumber air guna mendekatkan air dengan masyarakat.

"Adapun metode yang digunakan untuk menyalurkan air bersih yaitu Kostrad membangun titik sumber air bersih dengan cara melalui Pompa Hidram (Angkat air permukaan), sumur bor dan mengalirkan air (gravitasi) dengan pipa," ujarnya.

Pangkostrad juga menjelaskan kerjasama pertahanan bilateral antara Indonesia dan Singapura selama ini merupakan wujud bukti semakin menguatnya hubungan antara kedua negara. Kegiatan kerjasama tersebut khususnya yang melibatkan satuan Kostrad antara lain dalam Latma “SAFKAR INDOPURA” tahun 2017 dan Latma Super Garuda Shield-16 Tahun 2022.

"Dalam waktu dekat, kita juga akan  melaksanakan kegiatan personel Exchange Program (PEP) antara Yonarmed 9 Kostrad dengan HQ Singapore Artillery pada tanggal 24-29 Oktober 2022 di Indonesia dan diharapkan kerjasama antara TNI AD dengan AD Singapura akan terus berlanjut dan berkembang pada kegiatan lainnya sehingga dapat meningkatkan profesionalisme prajurit," ujarnya.

Sementara itu, 3rd Division Commander AD Singapura BG Goh Pei Ming mengatakan, bahwa dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta jajaran. 

Diakhir kegiatan, 3rd Division Commander AD Singapura bersama rombongan berkesempatan menyaksikan video profil Kostrad dan kegiatan kunjungan ditutup dengan pertukaran Cinderamata.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Atase Darat Kedubes Singapura di Jakarta COL Gene Tan, Asisten Atad Singapura di Jakarta ME3 Mandy, Paban V/Kermalat ASEAN Kol Inf C.K. Tehuteru, Pabandya 1/Kerma Spaban V/Kermalat ASEAN Letkol Arm Irwansyah, dan Pabanda-1/Kerma Spaban V/Kermalat ASEAN Mayor Inf Aditya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya