KSAL: Kapal Perang Siap Tempur Akan Amankan KTT G20 Bali

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Yudo Margono
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, TNI Angkatan Laut telah menyiapkan 12 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk mengamankan agenda puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 November 2022 di Bali mendatang.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Kendati demikian, Laksamana TNI Yudo belum merinci secara detail 12 kapal yang akan diturunkan untuk mengamankan di wilayah perairan Bali tersebut.

"Ini adalah mengamankan pemimpin-pemimpin negara, sehingga kita harus betul-betul menyiapkan kapal-kapal yang siap tempur," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono usai meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar TNI (SPBT) Terpadu I di Markas Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin, 31 Oktober 2022.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Yudo menambahkan, 12 kapal perang TNI Angkatan Laut tersebut akan ditempatkan dalam jarak radius 12 mil di wilayah perairan Bali dan sekitarnya.

"Kemudian kita lapis lagi diluarnya dengan kapal yang lebih besar," tambahnya.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Tidak hanya itu, Yudo lebih jauh menjabarkan, total personel TNI Angkatan Laut yang akan dikerahkan sekitar 3000 personel. Jumlah itu terdiri dari beberapa satuan, seperti Lantamal V Surabaya, Lanal Banyuwangi, Lanal Denpasar, Marinir, serta unsur gabungan lainnya dari Koarmada I, II, dan III.

"Termasuk pesawat udara, semua KRI kombatan yang memiliki helideck saya perintahkan untuk membawa heli semuanya. Sehingga bisa terpadu, kemudian juga ada pasukan khusus dari Denjaka kemudian Kopaska yang on board di KRI tersebut," ujarnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, dalam waktu dekat ini KSAL Laksamana TNI Yudo Margono akan menggelar Tactical Floorgame (TFG) untuk mematangkan persiapan pengamanan KTT G20 tersebut. 

Untuk diketahui, dalam pengamanan KTT G20 tersebut, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono telah menunjuk Panglima Koarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat sebagai Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla) yang bertanggung jawab atas pengamanan penyelenggaraan KTT G20 di Bali mendatang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya