Cegah Konflik Jelang Pemilu, Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Turun ke Babel

VIVA Militer: Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menekankan kepada seluruh jajarannya untuk turun ke lapangan membangun komunikasi dengan masyarakat untuk mencegah terjadinya potensi konflik sosial, terutama jelang pesta politik, Pemilu 2024 mendatang.

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

Salah satunya adalah menurunkan Wakil Asisten Intelijen (Waasintel) Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva untuk menggelar program Komunikasi Sosial (Komsos) di Bangka Belitung, Babel bersama para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, serta para organisasi pemuda dan mahasiswa yang digelar di Aula Makorem 045/Gaya pada hari Rabu, 2 November 2022 lalu.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Jum'at, 4 November 2022, Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva mengatakan, kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama jajaran Muspida dan para tokoh masyarakat di Provinsi Bangka Belitung merupakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev

Kegiatan ini, lanjut Brigjen TNI Anton, dilakukan untuk memastikan situasi keamanan di Kepulauan Babel dalam keadaan kondusif. Terlebih lagi jelang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Dia menegaskan, menciptakan kondusifitas  menjadi tugas TNI-Polri bersama seluruh komponen bangsa lainnya, sehingga dia meyakini program turun ke lapangan dengan cara melakukan komunikasi sosial menyampaikan wawasan kebangsaan kepada seluruh masyarakat di daerah sangat efektif untuk menciptakan keamanan nasional.

Prabowo: Dalam Hidup Saya, Angka 8 Muncul Terus

Lebih jauh lagi, Waasintel Kasad Bidang Jamen Intel mengapresiasi semangat persatuan dan kesatuan masyarakat di Bangka Belitung. Dia meyakini, Provinsi Bangka Belitung dapat menjadi barometer nasional dalam menciptakan kerukunan masyarakat di Indonesia.

“Babel tidak ada konflik alias kondusif sehingga dapat dijadikan barometer bagi Indonesia,” kata Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva.

Lebih lanjut Waasintel Kasad menjelaskan, bahwa program ini bertujuan untuk mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bertukar pikiran, berdialog, serta berdiskusi dengan harapan dapat tercipta visi dan misi yang sama guna mencegah setiap konflik sosial dimasa mendatang.

“Bersama dengan komponen masyarakat mampu mencegah secara dini konflik apapun yang terjadi, contoh pemilu nanti berharap lancar aman terkendali, tentunya pengaruh media sosial juga sangat penting guna dpt memberikan berita-berita yang mengedukasi seluruh komponen masyarakat agar memunculkan kebencian satu dengan yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaludin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI Angkatan Darat, khususnya KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang telah membuat program Komsos dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat di wilayah Kepulauan Babel.

Menurut Ridwan, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membangun semangat bela negara yang hakiki bagi komponen masyarakat agar dapat mencintai NKRI secara utuh.  

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antar instansi dalam menghadapi berbagai bentuk gangguan stabilitas di wilayah babel. Semoga ke depan kegiatan ini akan terus berlanjut dan ditingkatkan secara integrative, holistic, massif dan komprehensif dengan integratif dengan Pemerintah Kota/Kabupaten dan Polri serta seluruh komponen masyarakat sehingga dapat menjadikan Babel “Is Our Home” dibawah bingkai NKRI,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya