Dukung Sail Tidore 2022, TNI AL Kerahkan 12 KRI dan 1.308 Pasukan ke Maluku Utara

VIVA Militer: Wakasal lepas KRI Teluk Palu-523 ke Sail Tidore 2022
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono hari ini melepas keberangkatan 1.308 prajurit TNI Angkatan Laut untuk mendukung rangkaian kegiatan Sail Tidore 2022 yang akan diselenggarakan di Pulau Tidore, Maluku Utara.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Wakasal menambahkan, 1.308 personel TNI Angkatan Laut yang diberangkatkan itu meliputi Tim Satgas Surya Baskara Jaya (SBJ) sebanyak 212 orang, Tim Kesehatan TNI AL 190 Orang, Tim Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim (PPKM) sebanyak 182 Orang (Pramuka: 132 Orang & Pendukung: 50 Orang). 

"Selain itu Alutsista yang dikerahkan TNI AL dalam Sail Tidore yaitu 12 KRI & 2 Sea Rider, 3 pesawat Udara (Pesud) Fix Wing & 3 Heli," kata Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono usai melepas keberangkatan Satgas SBJ dan PPKM, serta KRI Teluk Palu-523 ke Pulau Tidore di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, 16 November 2022.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Lebih jauh Wakasal menjelaskan, dalam rangkaian Sail Tidore 2022 nanti, prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Satgas Surya Baskara Jaya (SBJ) LXX akan melakukan berbagai kegiatan bakti sosial di beberapa desa di Tobelo, Halmahera Utara. 

"Satgas SBJ LXX ini akan melakukan berbagai kegiatan bakti sosial di sana, mulai dari karya bakti renovasi Masjid, Gereja, dan Posyandu di beberapa desa di sana, mereka juga akan melakukan kegiatan bakti kesehatan berupa operasi bibir sumbing, operasi katarak, khitanan masal, dan lain sebagainya di Pelabuhan Trikora Kota ," ujarnya.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

VIVA Militer: Pramuka Saka Bahari diikut sertakan dalam Sail Tidore 2022

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Sementara itu, kata Wakasal, tim Satgas Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim (PPKM) yang melibatkan ratusan Pramuka Saka Bahari dari 34 Kontingen Daerah termasuk Putera Puteri Maritim Indonesia (PPMI) yang berangkat menggunakan KRI Teluk Palu-528 akan melakukan pembekalan atau penguatan kebangsaan selama di perjalanan menuju Sail Tidore, Maluku Utara.

"Jadi mereka akan menempuh rute Jakarta - Makasar - Ternate - Tidore di setiap sandar nanti mereka akan diberikan pembekalan - pembekalan tentang kebangsaan, tentang kekuatan poros maritim dan lain sebagainya dari Perwira TNI Angkatan Laut," katanya.

Untuk diketahui, Sail Tidore merupakan kegiatan pelayaran Internasional yang berlangsung di perairan Indonesia. Kegiatan Sail Tidore 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 24 - 29 November 2022 yang dimotori Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves RI). 

Rencananya, puncak acara Sail Tidore 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2022 nanti akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo di Dermaga Tugulufa, Kota Tidore.

Adapun tujuan acara Sail Tidore 2022 adalah untuk mendongkrak popularitas daerah yang memiliki keindahan wisata di Tidore, Maluku Utara. Untuk diketahui pula, Tidore dipilih karena pada era lampau dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah di mata dunia, sehingga diharapkan dari kegiatan Sail ini mampu mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa daerah ini merupakan pusat kegiatan ekonomi yang penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya